Wednesday, July 3, 2013

Update Bencana Gempa Bumi Bener Meuriah - Aceh

Gempa Bumi yang terjadi di kabupaten Bener Meuriah pada kedalaman 10km dengan kekuatan 6.2 skala rischer diprediksi tidak menimbulkan potensi Tsunami karena gempa terjadi di daratan bukan dari dasar laut. Gempa yang getarannya dirasakan sampai Banda Aceh yang jaraknya sekitar 181 KM dari pusat gempa menimbulkan kepanikan di seluruh Provinsi Aceh juga Sumatera Utara. Dalam pantauan kami, gempa bumi sedahsyat itu mampu merobohkan bangunan fisik beton, retakan jalan dan longsor perbukitan.

Korban jiwa berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga saat ini telah lebih dari 20 orang dengan ratusan korban luka yang telah di evakuasi dan dirawat di Rumah Sakit terdekat, sementara kerugian fisik bangunan masih diperhitungkan oleh tim ahli. Dalam pantauan awak media ratusan rumah dan bangunan permanen banyak rusak bahkan ada yang roboh.

Selain korban luka dan korban tewas, ternyata masih ada korban yang hilang sehingga korban tewas sewaktu waktu bisa bertambah. Hingga saat ini sudah ribuan pengungsi memenuhi tempat penampungan sementara (shelter) karena kebanyakan dari mereka kehilangan tempat tinggal, rumah mereka banyak yang rusak sehingga terpaksa mengungsi.

Bantuan dari berbagai pihak diharapkan segera datang untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, putusnya jalur darat menjadi kendala pengiriman barang, namun pihak AU telah mengutus pesawat pengangkut bahan makanan dan kesehatan dengan armada helikopter, meski demikian pembagian bahan makanan ini belum dapat tersebar secara merata karena medan berbukit dan banyak jalan yang longsor.

Menurut Mendagri, Presiden hingga kini belum ada jadwal kunjungan ke Aceh, namun presiden selalu memantau perkembangan terbaru bencana tersebut melalui jajarannya, Presiden juga menginstruksikan seluruh pihak terkait dari pusat hingga daerah untuk bersatu padu menangani korban bencana dan pemulihan dengan cepat.

BNPB seperti yang jelaskan oleh Tempo, telah mempersiapkan dana evakuasi bencana gempa bumi bener meuriah - Aceh ini sebesar 40M, dana itu diperkirakan untuk masa evakuasi selama satu pekan. Bila dana itu dirasa kurang, BNPB akan segera mengajukan penambahan dana lagi hingga massa evakuasi tuntas.

Demikian update berita bencana Gempa Bumi di kabupaten bener meuriah yang dapat kami bagikan di Infoting, semoga menjadikan kita mengerti kejadian terbaru dinegeri ini. Belasungkawa dan duka cita yang begitu mendalam admin sampaikan kepada rakyat aceh yang terkena musibah ini.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...