Saturday, July 20, 2013

Cara Menyambung Bibit Tanaman Mangga

Mangga merupakan jenis buah buahan yang banyak dikonsumsi masyarakat kita karena buah segar itu kaya akan vitamin nabati dan kalori yang tinggi. Buah mangga dapat dinikmati langsung setelah dikupas maupun dibuat Juice Mangga terlebih dahulu. Tanaman ini berbuah sekali dalam setahun kecuali mangga Manalagi yang bisa berbuah 2x setahun bila kondisi cuaca dan lingkungan memungkinkan. Lalu, tahukah anda bagaimana menanam mangga supaya dapat berbuah lebih cepat dari usia setelah tanam? Jawabnya adalah di okulasi atau di sambung.

Infoting - Info Tani kali ini ingin berbagi Cara menyambung bibit tanaman mangga agar cepat berbuah, dan bibit tersebut dapat menghasilkan buah sesuai dengan yang kita  inginkan buahnya.





Misalkan dikebun/dihalaman rumah anda tumbuh bibit mangga dari biji yang tidak tahu itu mangga jenis apa dan anda ingin menjadikan bibit mangga itu kelak berbuah mangga Harum Manis, maka solusi untuk keinginan tersebut adalah menyambung bibit tanaman mangga itu dengan pucuk batang mangga Harum Manis yang pernah berbuah.


Keuntungan melakukan okulasi, penyambungan dan cangkok bibit mangga itu adalah, tanaman mangga akan lebih cepat berbuah dibandingkan tanaman mangga yang berasal dari biji tanpa dilakukan penyambungan atau okulasi. Menggunakan bibit dari hasil pembibitan generatif (biji) akan lebih menguntungkan karena batang bawah memiliki akar tunggang yang kaut dibandingkan pembibibitan dengan pencangkokan.

Batang bawah yang bisa dijadikan sebagai bibit tanaman mangga yang akan di sambung adalah bibit yang telah berusia sekitar 1 tahun, dengan diametet batang sebesar jari telunjuk atau sekitar 1cm. Bila anda telah memiliki satu atau beberapa calon bibit tanaman itu, selanjutnya anda tinggal mencari calon batang atas yang berasal dari pucuk pohon mangga yang sudah pernah berbuah yang kualitas buahnya dapat dibanggakan (kita harapkan).

Berikut ini adalah cara menyambung bibit tanaman mangga maupun tanaman lainnya secara umum :
  • Pilih batang bawah yang diameter disesuaikan dengan besarnya batang atas, Batang atas adalah pucuk dari pohon mangga yang sudah pernah berbuah, dan kualitasnya dijamin baik. Pastikan pula calon batang atas itu sehat.
  • Batang bawah dipotong setinggi 20-25 cm di atas permukaan tanah.
  • Batang bawah kemudian dibelah membujur sedalam 2-2,5 cm
  • Batang atas sepanjang 10-12.5 cm, kedua pangkal entres disayat sepanjang 2-2.5 cm hingga menyerupai huruf “ V “.
  • Batang atas dimasukkan ke dalam belahan batang bawah. Perhatikan agar kambium entres bisa bersentuhan dengan kambium batang bawah.
  • Pengikatan dengan tali plastik, dari bawah keatas
  • Sungkup dengan kantong plastik bening/ plastik es.
  • Tanaman sambungan kemudian ditempatkan di bawah naungan agar terlindung dari panasnya sinar matahari.
  • Setelah sambungan umur 2-3 minggu, biasanya sambungan bertunas dan sungkup plastiknya dibuka.
  • Biarkan ikatan sambungan tetap terikat sampai batang atas benar benar tersambung dengan kuat ditandai dengan tumbuhnya beberapa helai daun dengan subur.
  • Setelah bibit tampak tumbuh subur dan sambungan telah menunjukkan sambungan yang kuat, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan penanaman atau kebun.
Selamat berkebun...

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...