Monday, July 22, 2013

BKN Kembangkan Program CAT Untuk Test CPNS

CAT atau Computer Assisted Test yaitu sebuah program/metode yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dengan tujuan untuk meningkatkan standard penerimaan dan penempatan pegawai baru berdasarkan kapabilitasnya dengan menggunakan Komputer sebagai alat bantu analisa, penilaian dan pengambilan keputusan. Dengan adanya program CAT dari BKN ini maka penyelenggaraan Test CPNS bakal lebih mudah karena peserta tidak perlu mengisi lembar LJK yang menggunakan pensil khusus agar bisa di deteksi scanner komputer. Dengan metode CAT ini pula diharapkan penerimaan CPNS dapat dilaksanakan dengan lebih bersih.

Dengan satu klik saja peserta ujian telah menjawab apa yang ada di tampilan monitor, sehingga lebih hemat karena tidak memerlukan kertas yang banyak seperti tahun tahun sebelum ini. Setiap peserta nantinya akan diberi 100 soal dan dikerjakan selama 60 menit, berita ini sesuai dengan yang dikutip di www.bkn.go.id, mungkin saja sistem CAT ini sudah terhubung langsung dengan server pusat, sehingga hasil ujian langsung terekam dan peserta tak perlu ragu bila ada manipulasi dari BKD daerah.

Untuk CPNS dari Honorer K2 pelaksanaan test masih akan dilaksanakan dengan menjawab LJK karena masih ada tenaga honorer tersebut yang kurang paham komputer, sehingga untuk memudahkan mereka pemerintah telah menetapkan 30% dari jumlah Honorer K2 bakal melaksanakan ujian pada bulan oktober nanti dengan LJK, bukan CAT.

Penerimaan CPNS umum tahun 2013 ini adalah untuk pelamar dengan syarat minimal pendidikan adalah Sarjana (S1) atau D4, kecuali tenaga honorer yang telah masuk dalam daftar Honorer K-2 masih ada yang lulusan SMA. Namun pemerintah berharap Guru yang pendidikannya masih setara SMA untuk mengikuti pendidikan S1 dengan mengajukan Beasiswa agar mereka mampu meningkatkan kompetensi diri untuk mendidik lebih baik.

Demikianlah informasi penting dari BKN yang dapat kami sampaikan untuk Infoting.info semoga bermanfaat untuk rekan rekan yang ingin mengikuti test CPNS 2013.  Kembali dan tetaplah di www.infoting.info untuk mendapatkan berita lebih lanjut tentang pelaksanaan CPNS 2013, hasil test CPNS dan carut marut metode CAT yang digunakan BKN.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...