Friday, July 5, 2013

Budidaya Bunga Angrek

Anggrek (Orchidaceae, latin) merupakan jenis tumbuhan berbunga yang tumbuh baik di Indonesia, tanpa perawatan khusus pun Bunga Anggrek dapat tumbuh subur di hutan belantara Indonesia, apalagi bila dirawat dan dibudidayakan dengan baik? Bunga Anggrek memiliki nilai jual yang tinggi yaitu bunganya yang telah mekar, bentuk bunga yang indah dengan aneka warna keindahannya bila di rangkai dengan daun suplir atau bunga lain akan menghasilkan karya keindahan luar biasa. 

Rangkain bunga Anggrek sering dipergunakan untuk mempercantik ruangan kantor, hotel, ruang seminar maupun menyambut kedatangan tamu agung karena keindahannya mampu menghadirkan nuansa keindahan dan menyejukkan mata bila jenuh memandang monitor kerja. Atas dasar itulah, disini Infoting ingin berbagi Cara Budidaya Bunga Anggrek.

Media Tanam Bunga Anggrek
  • Pakis, cukup baik sebagai media tanam karena meiliki daya ikat air, aerasi dan drainase cukup baik. Pelapukan pada pakis berjalan secara perlahan dan mengandung unsur hara untuk pertumbuhan anggrek. Penggunaan pakis sebagai media tanam memiliki saingan dengan pembudidayaan tanaman hias lain. Selain itu penggunaan pakis juga tergantung banyaknya tanaman pakis di alan, karena tanaman pakis belum di budidayakan dan jumlahnya juga semakin berkurang.

  • Arang, karena cara pembuatanya dengan dibakar maka arang steril maka tidak ditumbuhi jamur dan bakteri. Arang kayu juga tidak mudah lapuk sehingga cocok digunakan sebagai media tanam anggrek. Selain itu arang kayu murah dan mudah didapatkan karena pembuatanya mudah. Tetapi, arang kayu memiliki kekurangan yaitu kurang mengikat air dan minim unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

  • Sabut Kelapa, media tanam satu ini murah dan mudah didapat. Kelebihan lain dari sabut kelapa ialah mampu menyimpan air dengan baik. Namun sabut kelapa memiliki kekurangan yaitu mudah lapuk dan busuk, sehingga menjadi sumber penyakit. Jika anda ingin menggunakansabut kelapa sebagai media tanam, pilih sabut kelapa tua dan ganti sabut kelapa jika mulai lapuk.

Cara Menanam Anggrek
  • Pemilihan Bibit, bibit tanaman anggrek harus berumur satu tahun atau memiliki daun minimal sepanjang 1 cm dan memiliki dua atau tiga helai akar. Pada mulanya bibit anggrek ditanam dalam pot plastik selama tiga bulan sebelum dipindahkan ke media pembesaran. Setelah tiga bulan berikutnya bibit dapat dipindahkan ke tempat penanaman sesuai keinginan anda. Cara memindahkan bibit anggrek muda ini harus hati hati, sebisa mungkin hindari terputusnya akar atau hancurnya media tanam yang telah melekat di akar bibit bunga anggrek.
  • Penempelan Anggrek Pada Pohon, pilih pohon yang akan dijadikan tempat tumbuh (pohon hidup atau pohon mati sama saja). Selanjutnya buka pot atau plastik pembesaran bibit anggrek. Tempelkan bibit pada batang pohon dan tahan dengan sabut kelapa. Terakhir ikat dengan tali dari sabut kelapa dengan kencang.
  • Perawatan, lakukan penggantian media tumbuh setiap 6 bulan. Ketika akar tanaman menjalar jangan dipaksa untuk kembali ke posisi semula karena akan mengganggu pertumbuhan anggrek. untuk menjaga kelembaban media tanaman lakukan penyiraman setidaknya 3 hari sekali. Bunga Anggrek menyukai media yang lembab tapi tidak tergenang.
  • Pemupukan, penambahan nutrisi pada tanaman anggrek yang ditanam di pot sangat penting dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan berbunga dengan baik. Pemupukan dapat dilakukan dengan mencairkan pupuk NPK Granule dengan air 1 : 10. lakukan pemupukan seminggu sekali atau paling tidak 2 minggu sekali dengan cara menyiramnya ke media tanam bukan pada daunnya, karena pemupukan pada daun dilakukan dengan pupuk daun khusus.
  • Lakukan pengendalian hama dan penyakit tanaman anggrek dengan tepat agar tanaman anggrek dapat hidup lebih lama dan mampu memproduksi bunga terus menerus.
Dengan pemilihan media tanam yang tepat dan teknik perawatan yang tepat tanaman anggrek mampu menghasilkan bunga dengan kualitas terbaik sehingga nilai jualnya pun bisa lebih tinggi. Sebagai tambahan dari kami, untuk menghindari panasnya terik matahari pada budidaya Anggrek anda bisa memberi peneduh dengan Paranet. 

Semoga apa yang Infoting bagikan kali ini untuk Info Tani bisa bermanfaat bagi temant teman yang ingin menggeluti bisnis Agrobisnis. Terima kasih atas kunjungannya, dan tunggu artikel kami lainnya tentang Aneka Budidaya Pertanian hanya di Infoting.com

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...