Wednesday, July 3, 2013

Niat Puasa Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan - Lazimnya kita sudah hafal niat untuk menjalankan ibadah puasa, namun alangkah lebih baik bila kita bisa melafalkannya dengan benar, menurut pengalaman penulis atau sepengetahuan saya selama mengikuti pengajian niatnya dapat dilafalkan dalam bahasa apa pun, baik itu bahasa arab, bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa aceh, bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak. ada pun lafalnya Niat puasa ramadhan dalam bahasa arab adalah sebagai berikut : "Nawaitu Shoumagodhin An 'ada'i Fardhi Syahri Rhomadhona Hadihisanati Fardholillahi Ta'ala". 

Niat Puasa Ramadhan dalam bahasa Indonesia : "Sengaja aku niat puasa untuk sehari besok karena datang bulan ramadhan fardu karena Allah Ta'ala"

Niat puasa ramadhan dalam bahasa jawa : "Niat engsun poso tutuko sedino sesok saking anekani fardune wulan romadhon wajib kerono Allah Ta'ala".

Puasa merupakan ibadah wajib yang masuk dalam rukun islam, yaitu rukun ketiga, merupakan kewajiban yang sifatnya Fardhu'ain atau kewajiban setiap mukmin dan menjadi tanggung jawab masing masing mukminin dan mukminat. Karena sifatnya Fardhu'ain maka puasa ramadhan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain termasuk orang tua yang meniatkan puasa untuk anak atau sebaliknya hal itu tidak afdhol.

Dalam puasa Allah SWT memberikan hikmah yang luar biasa dan tidak kita duga duga, maka barang siapa mengerjakan puasa dengan penuh keyakinan, tulus dan ikhlas karena Allah Ta'la tanpa mengharap imbalan apa pun dari-NYA, maka Allah SWT akan memberikan hikmah yang luar biasa yang tak bisa di duga sebelumnya.


Admin Infoting mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita selama bulan suci Ramadhan diterima Allah SWT dan menjadikan keberkahan selama di dunia hingga akhirat. Amin yaa rabbal 'alamin...

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...