Sunday, July 28, 2013

Tips Aman Jual/Beli Online

Saat ini teknologi informasi telah merubah kebiasaan belanja manusia modern di mall atau supermarket ke Toko Online. dimana si pembeli atau konsumen cukup berada di rumah atau dikantor membuka laptop atau gadget yang terkoneksi dengan internet, memesan barang lewat internet, membayar via internet dan barang akan dikirim oleh petugas delivery. sungguh dipermudah manusia modern dengan adanya mode transaksi online ini. 

Akan tetapi mode seperti ini bukan berarti seratus persen aman bagi penjual maupun pembeli sehingga pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Tips Aman Jual/Beli Online bagi pemula. Mungkin selain cara ini ada cara lain, namun setidaknya sedikit ulasan kami ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum melakukan penjualan barang/jasa secara online.

Tips Cara Aman Jual/Beli Online Infoting :
  • Bagi Pembeli sebisa mungkin lakukan transaksi COD (cash on delivery) atau barang dikirm baru dibayar cash, untuk kepuasan dan keamanan transaksi, namun ini hanya berlaku untuk transaksi dalam satu wilayah/kota.
  • Bila Penjual bukanlah orang yang anda kenal, sebaiknya bertransaksi dengan penjual yang sudah ter verifikasi oleh situs jual beli online seperti member di tokobagus.com
  • Bila anda berada dikota yang berbeda dengan penjual, sebisa mungkin ada kerabat kepercayaan anda yang bisa kroscek tentang kebenaran dan keberadaan orang dan barang yang mau anda beli di kota tersebut, baru anda bayar biar barang segera dikirim.
  • Bagi penjual yang numpang iklan di Agen Iklan Baris Gratis harap berhati hati dengan penipuan, jangan mudah memberikan nomor rekening bila hal itu tidaklah perlu dan tidak meyakinkan.
  • Bila ada penjual yang tidak ingin bertemu (tidak mau face to face)  atau tidak memiliki toko fisik atau rumah yang bisa ditemui, maka anda harus waspada dengan penjual semacam ini, lebih baik tidak transaksi dengannya.
  • Bila ada penjual yang tidak melayani COD, sementara pembeli berada dalam satu kota dengan penjual, maka Pantau Lokasi langsung adalah langkah paling jitu untuk membina rasa saling percaya.
  • Internet adalah sarana promosi yang paling murah saat ini, namun anda harus bijaksana dengan membina kepercayaan antara pembeli dan penjual. Untuk pembeli perdana yang coba coba sebaiknya penjual mau menemuinya untuk membina rasa saling percaya. Untuk memulai bisnis online, menggabungkan bisnis online dan offline adalah cara yang paling jitu sebagai langkah awal.
  • Berikan layanan yang terbaik untuk calon pembeli/konsumen anda, dengan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kondisi, kelengkapan serta syarat dan ketentuan jualan anda.
  • Untuk pembayaran non cash, pastikan uangnya telah cair atau masuk ke rekening anda sebelum anda memberikan barang kepada si pembeli.
  • Jika ada garansi, pastikan bahwa pembeli telah mengerti syarat-syaratnya dan ruang lingkup garansi tersebut agar tidak terjadi salah pengertian dikemudian hari.
  • Pastikan anda bertranskasi di lokasi yang aman,bukan daerah konflik.
  • Segera kirim barang yang telah dibayar dengan jasa pengiriman terpercaya atau anda kirim sendiri. hal ini untuk membina rasa saling percaya.

Itulah Tips Aman Jual/Beli Online dari kami, semoga bermanfaat. jika anda memiliki tips yang lain silahkan ditambahkan pada kolom komentar. 

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...