Tuesday, July 23, 2013

Amalan Sunah di Bulan Puasa Ramadhan yang diutamakan

Di sisa bulan ramadhan yang masih ada ini marilah kita manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mengerjakan puasa dengan penuh ikhlas serta mengerjakan berbagai amalan sunah yang diutamakan untuk dikerjakan di bulan yang suci ini. Berikut ini Infoting ingin berbagi beberapa amalan sunah yang diutamakan tersebut sebagaimana Nabi Muhamad telah memberi contoh dan para Sahabat Nabi yang juta telah mengamalkannya.

Memberi sedekah
Nabi Muhammad sangat dermawan bahkan lebih dermawan lagi ketika bulan puasa tiba. maka jadikanlah ini sebagai contoh kebaikan untuk menambah amal kebaikan kita di bulan ramadhan. karena barang siapa memberi sedekah dibulan ramadhan maka bagi mereka akan dilipat gandakan amalan kebaikannya dan rejekinya.

Membaca al-Quran
Disunatkan memperbanyakkan bacaan al-Quran pada bulan Ramadan kerana ia bulan al-Quran seperti firman Allah yang artinya : "... bulan Ramadan yang padanya diturunkan al-Quran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan petunjuk dan menjelaskan perbezaan antara yang benar dengan yang salah." (Surah al-Baqarah, ayat 185)

Memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa.
Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud: "Barang siapa yang memberikan makan kepada orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala (orang yang berpuasa) dalam keadaan tidak berkurung sedikitpun dari pahala orang yang berpuasa itu." (Hadis riwayat Ahmad, Tirmizi, Ibn Majah dan ad-Darimi)

Qiyamullail
Disunatkan berjaga malam secara berjamaah pada bulan Ramadan yaitu shalat tarawih dan waktunya di antara shalat Isya' hinggalah terbitnya fajar. Nabi sangat gemar mendirikan Shalat malam pada bulan Ramadan.
Rasulullah bersabda yang artinya: "Barang siapa menghidupkan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah Taala, maka akan diampunkan segala dosanya yang terdahulu."
(Hadis riwayat Bukhari)


Shalat tarawih
Shalat tarawih adalah shalat khusus yang hanya dilakukan pada Ramadhan. Shalat tarawih, walaupun dapat dilaksanakan bersendirian, umumnya dilakukan secara berjamaah di masjid. pada sebagian tempat, sebelum shalat tarawih, diadakan ceramah singkat bagi menasihati jamaah.

Umrah
Perkara disunatkan pada Ramadhan adalah mengerjakan umrah berdasarkan sabda Baginda SAW yang bermaksud: "Umrah pada Ramadan (pahalanya) sama dengan (pahala) mengerjakan haji atau mengerjakan haji bersamaku." (Hadis riwayat Bukhari).

Zakat fitrah
Zakat fitrah dikeluarkan khusus pada Ramadhan atau paling lambat sebelum selesainya shalat sunat hari raya. Setiap Individu Muslim yang berkemampuan wajib membayar zakat fitrah. Nilai zakat fitrah adalah satu gantang makanan ruji atau setara dengan 2.7 kilogram beras.

Itulah amalan sunah dibulan puasa ramadhan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad sebagai amalan yang diutamakan dengan pahala yang menyerupai amalan wajib.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...