Tuesday, January 17, 2012

Ciri Ciri Cendet Stress dan OB | Cara merawatnya

Ciri Ciri Cendet Stress dan OB - Berikut ini akan kami berikan pencerahan perbedaan burung cendet OB atau stress karena kedua masalah ini mengakibatkan burung tidak mau ngoceh bin berkicau. Bagi yang awam atau masih pemula dalam memahami seluk beluk burung cendet/pentet/toet ini tentu terkadang kesulitan membedakan burung kesayangannya mengapa tidak mau gacor padahal biasanya gacor terutama bila burung tersebut belinya sudah jadi atau sudah ngoceh, antara stress atau OB. Sebelumnya saya mohon maaf kepada master kicau mania, master cendet, master burung kicauan bila apa yang saya utarakan ini kurang berkenan. ini hanya untuk pembelajaran bagi saya pribadi dan teman teman mgk ada yang membutuhkan. 

Burung Cendet yang lagi stress/ketakutan memiliki kesamaan dengan burung cendet yang OB, jadi kita harus mewaspadai atau hati hati akan hal ini karena bila salah dalam mengidentifikasi bisa bisa salah pula dalam penanganan. seperti dalam ilmu kedokteran dimana kalau dokter salah mendiagnosa suatu penyakit maka salah pula obat yang diberikan. 

Ciri ciri burung cendet OB :
  • Terlalu banyak bergerak, bisa jadi salto atau sekedar loncat kiri loncat kanan.
  • Bila melihat burung lain maupun sejenis seakan mau menerkam dan mengejar ngejar
  • Burung yang bisanya ngoceh jadi tidak mau ngoceh karena asik loncat ke kiri dan loncat ke kanan
  • Di dekati manusia langsung menyambar dan terlihat lebih galak dari biasanya

Cara penanganannya/merawatnya :
  • Kurangi makanan tambahan (EF) Jangkrik, kroto, ulat hongkong dan sejenisnya
  • Lebih sering dimandikan pagi,  siang, sore dan malam hari
  • Tambahkan Cacing dalam menu makanannya untuk meredam b'rahi
---------------- ---------------------- ---------------------------------

Ciri Ciri burung Cendet Stress/Ketakutan :
  • Burung akan sering loncat ke kiri dan kekanan
  • Burung suka salto bin muter muter terutama bila melihat yang ditakuti akan semakin ganas untuk terbang jauh
  • Burung suka memutar mutarkan ekornya
  • Hanya bunyi toet toet toet... tet tet tet tet
  • Tidak mau berkicau karena sibuk dengan niatnya untuk kabur sebab ketakutan

Cara penanganan/mengatasinya :
  • Mengatasi burung ini butuh kejelian karena kita butuh meningkatkan mentalnya agar tidak takut dan apa yang ditakutkannya memang tidak berbahaya. Misalnya melihat mobil bergerak, suara mesin dll
  • Karena lingkungannya berubah burung  butuh beradaptasi karena itu bantu dia untuk beradaptasi, bukankan dia sudah tidak takut dengan manusia, jadi saat dia ketakutan dekati dia, rayu dia, beri dia makanan kesukaan, goda dia dengan tangan atau siulanmu. Dampingi saat dia menjumpai apa yang dia takuti.
  • Masalah ketakutan hanya masalah kebiasaan saja, jadi jangan dijauhkan dari apa yang ditakutinya. Ajak dia bersama sama maka lama kelamaan akan terbiasa dan tidak takut.
  • Pemberian EF berlebihan terkadang bukan solusi yang tepat, karena burung bisa OB. 
  • Sebaiknya pemberian EF diatur saat dia ketakutan untuk merayunya agar tidak takut lagi.
  • Pemberian EF sewajarnya saja jangan ditambahi porsinya.
  • Pemulihan stamina bisa menambahkan air minumnya dengan vitamin burung atau multivitamin manusia dengan takaran porsi burung
  • Biarkan burung dekat dengan yang ditakutinya, namun perlu dipantau bila sekiranya berbahaya maka lebih baik dijauhkan dan dicoba lagi dilain hari. Jangan dipaksakan, apalagi sampai burung nabrak nabrak jeruji yang mengakibatkan burung terluka.
Semoga apa yang saya utarakan bermanfaat, namun bila ada yang kurang berkenan bisa ditambahkan dikolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga kicauan anda menjadi jagoan dan juara di semua ajang kontes atau paling tidak akan rajin berkicau sepanjang hari.


6 comments:

  1. lek manokq tk leboni tangan malah numpak ng tangan kro ngoceh2 kang.koyo kudu ngawin ngnu.kui po over birahi kang?

    ReplyDelete
  2. gan...kalo cendet saya beli udah ngoceh...dan sangkarnya kecil....trus saya beli tidak dengan sangkarnya...saya ganti dengan sangkar saya kbetulan ukurannya 43 persegi dan panjang 70 ...kok sekaran malah loncat2 dan gak gacor...pemberian jangkrik 5/5 p/s,trus saya tambah UK....yang saya tanyakan brung saya stres atau over birahi...karena saya coba adu burung saya diem tapi ekornya gk berputar putar....saya tunggu jawabanya gan.......trims....

    ReplyDelete
  3. Permisi gan numpang nanya
    Lo (OB) Over birahi
    bat mengatasinya,d kasih cacing dlm seminggu berapa..??

    NB: Ma'af sekiranya kalo mengganggu gan

    ditunggu gan bat saranya tanx

    ReplyDelete
  4. boz burung saya i2 setrez...q ud mgikuti cara2 di internet...tp g ad hsilx...
    tlong ksh solusi yg tepat boz...

    ReplyDelete
  5. Gan kemarin saya baru beli birung cendet waktu di sana burungnya sih jinak tapi setelah nyampai rumah burungnya stres alias klo di deketi ketakutan .. mabur trus gak mau diem tapi belum sampai salto ..
    Mohon sarannya ..

    ReplyDelete
  6. burungnya mas Iwan Tok trauma tuh, habis dimandikan kasih jangkrik pakai tangan biar jinak lagi, kalau udah jinak jangan diteruskan. letakkan ditempat yang tenang mas, biar burung bisa istirahat.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...