Saturday, July 27, 2013

Bacaan Niat Shalat Idul Fitri

Setelah sebulan penuh umat islam menjalankan ibadah puasa esok harinya seluruh umat islam akan melaksanakan shalat sunah Idul Fitri, pada hari itu seluruh jamaah wajahnya akan tampak berseri seri karena hatinya telah bersih dari noda noda, seperti bayi yang baru lahir, dan manusia hari itu telah kembali pada fitrahnya. Hartanya juga telah dibersihkan dengan membayar Zakat Fitrah untuk penyempurnaan ibadah puasa dan menguatkan iman setiap muslim.  Bagi yang belum membayar Zakat Fitrah maka bersegaralah membayar Zakat sebelum Shalat Idul Fitri dilaksanakan.

Karena Shalat Idul Fitri hanya dilaksanakan setahun sekali, setiap tanggal 1 syawal maka agar kita tidak lupa dan sekedar untuk pengingat berikut ini Infoting ingin berbagi Bacaan Niat Shalat Idul Fitri. Kami sarankan anda berwudhu dirumah bila pelaksanaan shalat idul fitri di laksanakan secara berjamaah dilapangan, karena panitia pelaksanaan shalat idul fitri biasanya tidak menyediakan tempat berwudhu, kalau pun ada itu sangatlah terbatas.

Sebelum berangkat ke tempat pelaksanaan shalat idul fitri disunahkan makan dulu sebagai tanda bahwa hari itu memang sudah tidak berpuasa dan sebagai rasa syukur menikmati hari kemenangan. Biasanya masyakarat kita juga melaksanakan Mandi Besar pada hari itu untuk membersihkan diri dari hadas besar, kemudian mengambil wudhu untuk mensucikan diri dari hadas kecil.

Mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk pelaksanaan Shalat idul fitri seperti Sajadah, Pakaian yang bersih dan wewangian, Kalau ada yang baru dan berwarna putih disunahkan sebagai rasa syukur kita menyambut hari kemenangan. 

Bacaan Niat Shalat Idul Fitri

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ امَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini makmuman lillahita’aalaa”
Artinya :
Aku niat shalat sunnah ‘Idul Fitri dua rakaat menghadap qiblat menjadi ma’mum karena Allah ta’aalaa.

Dalam Shalat idul fitri setelah takbiratul ikhram dibacakan Takbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama, sedangkan pada rakaat kedua sebanyak 5 kali. Diantara takbir itu disunahkan untuk membaca dzikir yang bunyinya "Subhaanallaahi wal – hamdulillahi walaa – ilaaha illallaah wallaahu akbar".

Setelah selesai shalat idul fitri yang hanya dua rakaat, kemudian Khatib akan membacakan Khutbah Idul Fitri, maka dengarkanlah dengar dengar fatwa khatib hari itu, semoga kita semua termasuk orang orang yang selamat. Setelah berdoa kemudian seluruh makmum disunahkan untuk saling maaf memaafkan dengan berdiri berjajar sambil membaca Sholawat Nabi.



Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...