Monday, July 29, 2013

Solusi Anak Tidak Mau Makan Sayur

Sebagai seorang ibu yang cerdas, ibu tidak boleh kehilangan akal dalam mencari solusi agar anak mau makan sayur, karena bagaimana pun vitamin dan protein nabati sangat diperlukan tubuh anak dalam tumbuh kembang dan menjaga kesehatan, sehingga sebagai seorang ibu, anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar anak mau makan sayur. Yang pasti anda harus bersabar dan mesti telaten ketika menghadapi anak yang sulit atau tidak mau makan sayur. Pelajari juga sebab mengapa Anak Sulit Makan.

Beberapa sayur yang baik untuk dikonsumsi anak adalah :
  • Bayam
  • Brokoli
  • Wortel
  • Tomat
  • Daun Singkong
  • Kacang Panjang
  • Selada
  • Sawi hijau
  • Buncis, dll...

Buat Kompetisi, kemudian beri hadiah.
Bila sekecil punya adik atau kakak, buatlah lomba makan wortel rebus atau brokoli rebus. Bila si kecil masih sendiri carikan lawan lomba yaitu temannya sekolah maupun anak tetangga. Berikan beberapa potong wortel rebus di piring, siapa yang duluan menghabiskan beri hadiah kecil kecilan seperti Stiker Popeye, Ultraman maupun Tokoh kartun lainnya yang digemari si anak.

Jadikan Juice 
Sayuran seperti Tomat, Wortel, Brokoli bisa disiasati dengan mengolahnya menjadi minuman segar dengan cara di juice dengan menambahkan sedikit gula agar rasanya menjadi disukai si anak. Demikian juga dengan buah Apel, melon maupun buah buah lainnya yang mungkin tidak disukai anak.
 
Kenalkan dengan tokoh tokoh pemakan sayur seperti Popeye yang menjadi kuat karena makan bayam, ajak si kecil bercerita agar memiliki motivasi untuk mau makan sayur, apa pun itu jenis sayurnya.

Jangan memaksa, memberi pengertian dan pemahaman betapa pentingnya vitamin sayuran lebih dianjurkan daripada berlaku kasar dengan melakukan intimidasi, perlakuan kasar hanya akan membuat anak trauma dan malah memberi sayuran.

Ajak anak ke kebun untuk menanam sayur dan memetik sayur kemudian mencuci dan belajar memotong sayur mayur, biasanya tangan jahil si kecil akan mencoba mencicipi sobekan sayur atau potongan wortel hasil karyanya. Jangan khawatir, memakan sepotong wortel mentah yang telah dicuci tidak akan meracuni si kecil. 

Ceritakan “Hebatnya sayuran!” Salah satu cara jitu memotivasi anak-anak adalah dengan bercerita serta menjawab pertanyaannya. Misalnya cerita tentang kehebatan bayam yang membuat anak-anak menjadi lebih kuat dan bertenaga. Mungkin Anda sudah bisa mulai mengenalkan istilah sederhana seperti vitamin.

Demikian ulasan Infoting tentang Solusi Anak yang tidak mau makan sayur, yang sebagian artikel kami  hasil kutipan kami dari www.ayahbunda.co.id.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...