Wednesday, July 10, 2013

Ceramah Singkat | Keistimewaan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang mulia dan paling istimewa diantara 11 bulan yang lain, maka barang siapa berpuasa di bulan itu dia akan mendapatkan karomah puasa yang sangat istimewa itu. Penasaran ingin tahu keistimewaan puasa ramadhan? Berikut ini kami sampaikan keistimewaannya yang bisa dijadikan Ceramah Singkat Ramadhan sebelum sholat tarawih maupun setelah shalat subuh. 

Beberapa Keistimewaan Puasa Ramadhan :
  1. Syurga, “Pintu Rayyan hanya diperuntukkan bagi orang-orang berpuasa, bukan untuk lainnya. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadhan, maka tak ada lagi yang boleh masuk ke dalamnya”.(HR. Ahmad & Bukhari-Muslim). 
  2. Benteng neraka, “Puasa merupakan perisai & benteng yang kokoh dari siksa api neraka.”(HR. Ahmad & Al Baihaqi). Rasul menambahkan pula bahawa puasa yang berfungsi sebagai perisai itu layaknya perisai dalam kancah peperangan selama tidak dinodai oleh kedustaan & pergunjingan. (HR. Ahmad, An Nasa`i, 
  3. Wangi, “Sungguh bau mulut org yg berpuasa lebih semerbak di sisi ALLAH dari bau minyak misk.”(QS Abu Daud) 
  4. Bahagia, “Orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan. Yaitu berbahagia kala berbuka & kala bertemu ALLAH,”(HRMuslim). 
  5. Tumbuh sifat taqwa ( QS 2 : 183). 
  6. Sehat, “Berpuasalah kalian, niscaya kalian akan sehat.” (HR. Ibnu Sunni & Abu Nu`aim). 
  7. “Barangsiapa berpuasa satu hari demi di jalan ALLAH, dijauhkan wajahnya dari api neraka sebanyak (jarak) 70 musim.” (HR. Ahmad, Bukhari-Muslim, & Nasa`i). 
  8. Ganjarannya tidak terhingga karena sabar (QS 39::10). 
  9. Doa mustajab, ” Doa hamba berpuasa mustajab” ( HR Muslim). "Allahumma ya Allah ampunilah seluruh dosa dosa kami, panjangkan umur kami hingga Ramadhon, sehat afiatkan dalam melaksanakan amal ibadah selama Ramadhon, terimalah amal ibadah kami...aamiin".
Dengan memahami keistimewaan tersebut semoga menjadi motivassi kita semua untuk terus meningkatkan amal kebaikan dibulan suci Ramadhan dan meninggalkan segala hal yang dilarang oleh Allah SWT. Lebih lebih jangan sampai puasa kita ada yang bolong karena alasan apa pun.

Nanti setelah melewatkan 1 bulan puasa maka setiap muslim akan bertemu dengan yang namanya hari raya idul fitri atau hari kemenangan bagi setiap muslim yang telah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, Nabi kita Nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan kita untuk menguatkan tali persaudaraan dengan menjaga silaturahmi, sebagaimana Ceramah Singkat kami terdahulu tentang Anjuran Silarurahmi

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...