Tuesday, July 16, 2013

Dodol Ketan Hitam | Bahan dan Cara Membuatnya

Dodol Ketan Hitam merupakan makanan khas Indonesia yang sering kita temukan di daerah betawi, garut, wonosobo, malang dan berbagai daerah lain di Indonesia. Meski dengan cita rasa atau ciri khas tersendiri di masing masing daerah namun pada umumnya proses pembuatannya sama yaitu proses masak yang waktunya lumayan lama, rumit dan melelahkan. Bahan baku yang digunakan akan menentukan kualitas dan rasa dari dodol itu sendiri. Kali ini Infoting - Resep Masakan akan berbagi Bahan dan Cara Membuat Dodol Ketan Hitam sebagai sample, Silahkan anda improvisasi sendiri bahannya untuk menemukan cita rasa yang berbeda.

Dodol Ketan Hitam di Jakarta sangat populer yang dikenal juga dengan Dodol Betawi. Lebih kurang seperti inilah proses pembuatan dan bahannya.



Bahan-bahan untuk membuat dodol betawi:
1. 1 kg beras ketan
2. 700 gr gula merah
3. 700 gula pasir
4. 11/4 liter santan
5. 4 lembar daun pandan.

Cara pembuatan dodol betawi :
  • Larutkan gula pasir, santan, gula merah dan daun pandan kemudian Masak hingga mendidih. Perlu diperhatikan bahwa selama proses harus terus di aduk sehingga santan tidak pecah.
  • Saring campuran di atas kemudian masak bersama tepung beras ketan. Aduk hingga rata dengan api yang kecil. Jangan lupa adukan harus sampai ke dasar. Masak hingga mengental dan tidak lengket di wajan/matang.
  • Waktu pemasakan lebih kurang 8 jam untuk hasil terbaik.
  • Kemas dan sajikan.
Itulah Resep Masakan Indonesia kita kali ini tentang Cara membuat Dodol Ketan Hitam, di daerah Kalimantan ada petani sawit yang melakukan inovasi membuat dodol dari kulit sawit. Apakah anda ingin berinovasi dengan membuat dodol dari bahan baku yang berbeda? Selamat Mencoba...

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...