Wednesday, November 23, 2011

Festival Reog Ponorogo | Grebeg Suro | Tahun Baru Islam

Festival Reog Ponorogo | Grebeg Suro | Tahun Baru Islam - Reog adalah kesenian asli yang berasal dari Ponorogo - Jawa timur - Indonesia setiap tahunnya digelar Festival Reog di alun alun kota ponorogo dalam rangka menyambut datangnya tahun baru islam/hijriah atau sasi suro dalam adat jawa. Reog memiliki nilai mistis dan juga seni didalamnya mengandung karya seni asli dari tanah ponorogo dengan tarian dan bela diri yang wajib dimiliki setiap anggota reog terutama Warog nya. Kesenian reog ponorogo sering sekali tampil dalam acara acara seremonial maupun pagelaran seni di daerah manapun di Surabaya, bahkan sampai di Aceh juga pernah diadakan pertunjukan Seni Reog Ponorogo untuk menyambut kedatangan pejabat pemerintah pusat. Grebeg Suro adalah acara seremonial yang penuh dengan nilai seni dan mistis juga karena ini mengandung nilai nilai kepercayaan untuk membuang sengkolo atau sial agar setahun kedepan Daerah setempat dan penduduk setempat dijauhkan dari bencana serta diberi kemudahan dan keberkahan dalam mencari rejeki, didalamnya terdapat seremoni sesajen, doa doa dan ritual melekan sampai pagi. 
Amin, semoga ponorogo, indonesia, kita semua dijauhkan dari bencana dan selalu diberi hidayah dan keberkahan.

Seorang Warok Reog harus menguasai seni beladiri dan memiliki kelebihan dalam hal ilmu kebatinan serta kekuatan fisik yang prima karena untuk mengangkat Reog yang kepalanya berbentuk macan dan memiliki sayap yang lebar yang berasal dari susunan bulu bulu ekor dari burung merak yang disusun rapi sehingga menghasilkan karya seni yang luar biasa tidaklah ringan. bahkan terkadang bila menyambut datangnya pejabat tertentu yang disambut dinaikkan diatas kepala Reog, begitulah jerih payah seorang warok yang terus melestarikan nilai budaya bangsa.

Reog memiliki kisah perjalanan yang panjang yang memiliki nilai budaya yang tinggi serta seni yang tiada duanya, jadi kita wajib memperjuangkan keberadaannya dan mempertahankan kelestariannya dan jangan sampai ada negara lain yang mencoba mengaku bila reog adalah warisan seni budaya mereka, karena beberapa waktu yang lalu Malaysia mengklaim bahwa reog adalah warisan budayanya, inikan sebuah pelecehan dan harus kita luruskan kebenarannya.

Berikut ini kami bagikan video seni reog ponorogo dalam menyambut datangnya tahun baru islam dalam acara grebeg suro sebagai adat istiadat tanah jawa.




gimana? seru dan mantabkan festival reognya, semoga terhibur yaa teman teman....

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...