Sunday, June 23, 2013

Tips Aman Berkendara R2 Jarak Jauh

Budaya Mudik di Indonesia menghadirkan kisah yang sangat seru dan indah disetiap perjalanan, namun perjalanan luar kota yang panjang dan jauh itu penuh tantangan dan resiko yang cukup berbahaya, bila tidak hati hati nyawa adalah taruhannya. Bahkan bisa dikatakan perjalanan mudik untuk bertemu dengan sanak saudara adalah Perjuangan. Agar menang dalam perjalanan perjuangan itu berikut ini Infoting memiliki Tips yang mungkin bisa anda pertimbangkan.

Pengalaman Admin Infoting dalam melakukan perjalanan jauh dari Surabaya ke Kabupaten Ngawi yang dilakukan bisa 4x dalam setahun akhirnya berbuah catatan seperti berikut ini :
  • Sebelum berangkat pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima, cukup kan tidur sebelum berangkat agar tidak mengantuk saat dijalan.
  • Kendaraan harus memenuhi peraturan Lalin di Jalan Raya, kelengkapan standard, kondisi mesin dan fungsi seluruh komponen motor bekerja dengan baik seperti Rem, Spion, Klakson, Sign, Lampu Depan-Belakang dll.
  • Bawa barang bawaan secukupnya dan semampunya, jangan melebihi kapasitas kemampuan motor dan kemampuan kendali anda, jangan pula barang bawaan mengganggu kemudi dan kestabilan kendaraan, karena hal ini sangat penting untuk keseimbangan di jalan raya saat menyalip, menikung, berhenti mendadak maupun ketika berpaspasan dengan kendaraan besar.
  • Konsentrasi di jalan, jangan bercanda dan melamun
  • Santun di jalan dengan berkendara dijalur masing masing yang telah diatur, yaitu R2 berjalan di sisi sebelah kiri, boleh menyalip dari sisi kanan mobil bila tidak melanggar marka dan jalan benar benar kosong dimana pandangan anda bebas hambatan dari depan maupun belakang.
  • Berkendaralah dengan kecepatan ekonomis demi keamanan dan hemat BBM yaitu dikecepatan 60-80 KM/jam.
  • Nyalakan lampu utama agar terjalin komunikasi dengan baik dengan sesama pengendara, yang dimaksud komunikasi adalah kendaraan dapat terlihat dengan jelas gerakannya maupun terdengar suara klaksonnya.
  • Saat melalui jalan dua jalur tanpa median jalan, anda harus lebih hati hati dengan kendaraan dari arah yang berlawanan yang tiba tiba menyalip dan mengambil jalur anda, untuk itu lebih bijak bila anda selalu berada di sisi kiri dengan kecepatan sedang. Bisa juga anda menyiasati dengan berjalan bersama rombongan kendaraan R4 yang berjalan searah, sehingga jalur anda tetap aman dari aksi nekat mobil mobil kejar setoran. Demikian pula bila anda melalui jalur yang tidak begitu anda kenal topografinya, sehingga anda masih meraba kondisi jalan maka sebaiknya anda berjalan bersama rombongan yang searah agar lebih aman dari berbagai kejahatan dijalan maupun wild driver. 
  • Tetap jaga jarak aman dengan kendaraan di depan, hal ini penting untuk antisipasi bila kendaraan di depan tiba tiba berhenti
  • Berhentilah ditempat pemberhentian umum agar lebih aman. Seperi di SPBU yang menyediakan Rest Area, Rumah Makan dll.
  • Sabar dijalan yang ramai dan berhentilah sejenak untuk istirahat, lakukan peregangan agar otot otot tidak tegang.
Demikianlah Tips Aman Berkendara R2 jarak jauh saat mudik maupun Touring, semoga bermanfaat untuk rekan rekan yang suka berkendara R2 keluar kota baik perjalanan dinas maupun liburan.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...