Monday, June 3, 2013

Cara Memperbaiki/Mengganti Keyboard Laptop Yang Rusak

Penggunaan Laptop/Netbook/Notebook dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan salah satu komponen dari perangkat tersebut rusak karena telah aus atau mengalami konsleting, salah satu komponen yang paling sering dan mudah rusak  itu adalah keyboard. papan ketik elektronik tersebut dapat rusak karena memang usianya yang telah uzur, terkena cairan, over heat, korosi atau terserang jamur karena anda menempatkan perangkat tersebut ditempat yang lembab.

Agar Keyboard tidak gampang rusak berikut ini Infoting.info memiliki catatan sendiri dalam perawatan dan penggunaan :

Keyboard Laptop tak perlu di tutupi silikon pelindung dari percikan air, karena penggunaan dalam waktu  yang lama dapat mengakibatkan suhu di dalam laptop tak dapat keluar yang akhirnya keyboard maupun komponen lainnya dapat mengalami over heat. bila komponen mengalami over heat/kelewat panas maka solder atau jalur listrik bisa putus yang akhirnya keyboard jadi rusak.
Bila anda harus menggunakan silicon, maka lebih baik mengoperasikan laptop diruangan yang dingin atau ruangan ber AC. Setelah penggunaan dalam waktu lama, sebelum layar di tutup sebaiknya silicon dibuka untuk di angin anginkan.

Netbook dirancang bukan untuk main game, jadi penggunaan tanda panah pada keyboard terlalu lama karena user sedang main game balap dapat mengakibatkan komponen tersebut lama kelamaan akan mengalami konsleting atau mallfunction.

Laptop dirancang dengan menggunakan komponen yang sangat halus, jadi perlakukanlah dia dengan sebaik mungkin, jangan meletakkan benda berat, makanan, minuman diatas laptop, meletakkan tutup flash disk di atas laptop yang terbuka sekalipun sangat beresiko anda lupa mengambilnya saat akan menutup laptop, sehingga kerusakan LCD pun tak dapat di hindari.

Bersihkan keyboard laptop secara berkala dalam periode tertentu dengan kuas yang halus atau dengan tiupan pompa udara manual.

Bila dalam jangka waktu yang lama anda tidak akan menggunakan laptop, sebaiknya laptop di simpan ditempat diruangan yang kering. Untuk menghindari kelembaban di dalam tas laptop berikan penyerap lembab (silica adsobser).

Dengan pemakaian sewajarnya dan perawatan rutin secara berkala laptop akan lebih awet, Bila kerusakan Keyboard tak dapat dihindari karena sesuatu hal, berikut ini adalah cara memperbaiki/menggantinya :
  • Lepaskan adaptop charger
  • Lepaskan battery untuk menghindari korsleting lebih jauh
  • Lepaskan penutup pengaman keyboard dari depan
  • Bila keyboard terkunci dari bagian belakang, lepas lebih dulu skrup yang mengait pada seluruh bagian keyboard.
  • Secara perlahan cungkil keyboard dari bagian atas, kiri dan kanan.
  • Setelah keyboard terangkat, lepaskan ribbon keyboard yang menempel pada Motherboard, dengan cara lepaskan dulu penguncinya terlebih dahulu setelah itu ribbon akan lepas dengan sendirinya.
  • Karena keyboard dalam kondisi telah rusak dan harus diganti maka silahkan dipasang kembali keyboard baru dengan mengembalikan posisinya ditempat semula, jangan lupa ribbon keyboard di kunci agar tidak terlepas.
  • Kembalikan skrup-skrup yang anda lepas tadi beserta tutup keyboardnya.
  • Pasang kembali Battery Laptopnya, dan
  • Selesai

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Video Tutorial dibawah ini :

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...