Wednesday, June 26, 2013

Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Yang Lezat

Mie Ayam merupakan makanan yang sangat familier bagi orang Indonesia, selain sebagai penghilang Lapar, Mie Ayam juga dianggap sebagai jajanan yang sangat mudah ditemukan hampir disemua daerah. Disaat orang enggan makan Nasi, Mie Ayam dapat dijadikan alternatif pengganjal perut lapar. Agar tidak terus terusan jajan di pinggir jalan, kali ini Infoting akan membagikan Resep dan Cara Membuat Mie Ayam yang lezat-sehat dan nikmat, setelah membaca artikel ini kami berharap anda bisa membuat sendiri Mie Ayam untuk keluarga tercinta.

Catat bahannya dan ingat cara membuatnya, karena mungkin anda tidak bisa melakukan kupi pasta atas Resep Mie Ayam ini. Pelajari juga Resep dan Cara Membuat Bakso, Membuat Bakmi Goreng Aceh.

Kembali pada Mie Ayam...

Bahan untuk membuat Mie Sehat :
  1. 1 kg tepung terigu, protein tinggi
  2. 10 gr garam
  3. 6-10 gr garam alkali
  4. 250 gr tepung tapioka
  5. 380 gr air

Bahan untuk membuat minyak ayam :
  1. 1000 ml minyak sayur
  2. 250 gr kulit atau lemak ayam
  3. 10 siung bawang putih, memarkan
  4. 1 ruas jahe, memarkan
  5. 1/2 sendok teh, lada halus
  6. 1/2 sendok teh, ketumbar halus

Bahan untuk membuat kaldu :
  1. 200 ml air
  2. 3 lembar daun bawang, iris
  3. 2 lembar daun seledri, irisTulang ayam, cuci dam memarkan

Bahan untuk membuat tumis ayam :
  • 250 gr daging ayam
  • 2 ruas jahe
  • 1 sendok teh, vetsin
  • 1 sendok teh, lada bubuk
  • 10 sendok makan, minyak sayur
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 5 sendok makan, kecap asin
  • 1/2 sendok teh, garam
  • 3 siung bawang putih
  • 1 gelas, air

Bahan untuk pelengkap mie ayam :
  • Sawi putih
  • Toge panjang
  • Pangsit yang bisa anda beli dipasar

Cara membuat Mie Ayam :
  1. Cara membuat mie. Larutkan garam dapaur dan garam alkali dengan air, aduk sampai rata. Kemudian di tempat terpisah, campur semua bahan kering dan tambahkan  larutan garam sedikit demi sedikit sambil di kocok. Aduk adonan sampai adonan berbutir butir. Masukkan adonan dalam alat penipis dan giling dengan ketebalan yang di inginkan, setelah tipis, potong adonan sampai menyerupai mie, lalu taburi mi dengan tepung tapioka agar mi tidak lengket.
  2. Cara membuat minyak ayam. Panaskan minyak, kemudian goreng lemak ayam atau kulit ayam, lalu masak hingga kulit ayam atau lemak menjadi kering, setelah agak kering masukkan bawang putih dan bahan lainnya ke dalam penggorengan, lalu goreng dengan api kecil, setelah 15 menit, angkat kulit dan sisihkan minyak ayam.
  3. Cara membuat kaldu. Masukkan semua bahan kedalam panci, rebus semua bahan ini dengan api sedang minimal 2 jam, setelah matang saring air kaldu.
  4. Cara membuat tumis ayam. Cincang daging ayam sampai agak halus, kemudian tumis jahe, bawang putih dan daun bawang sampai kecoklatan. Masukkan daging ayam, lada, penyedap, garam, kecap manis dan kecap asin kedalam tumisan. Masukkan air dan masak hingga daging ayam masak dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  5. Cara Untuk menyajikan. Di dalam mangkuk, beri kecap asin, vetsin, lada dan minyak ayam secukupnya, kemudian masukkan mie yang sudah di rebus bersama sawi dan taoge. Aduk rata . Siramkan kuah kaldu dan tambahkan tumisan ayam  dan pangsit di atasnya.
Itulah Resep dan Cara Membuat Mie Ayam yang lezat yang dapat Infoting bagikan untuk teman teman sekalian, semoga menjadikan ilmu yang bermanfaat dan memberi faedah kebaikan. Terima kasih pula atas kunjungannya dan tunggu artikel kami selanjutnya hanya di www.infoting.info

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...