Wednesday, August 14, 2013

Orang Tua Harus Paham Istilah/Bahasa Internet

Mendidik anak bukanlah perkara mudah, bila anda selaku orang tua tidak mampu mengikuti perkembangan zaman bukan tidak mungkin anda akan mengalami kegagalan karena anak akan lebih pintar dari orang tua, untuk itu sebagai orang tua anda harus paham istilah internet yang banyak digunakan anak anak dalam bersosial media. Istilah/bahasa internet memang bukan bahasa EYD (ejaan yang disempurnakan) melainkan sebuah istilah atau singkatan agar lebih terlihat sederhana dan gaul.

Adapun beberapa Isilah internet yang jarang dipahami orang tua berdasarkan kutipan Antara News dari Know Net diantaranya adalah LMIRL, frape, YOLO, ASL, POS dan trolling. mungkin anda pun yang belum menjadi orang tua ada yang tidak paham dengan istilah tersebut. Berikut ini Infoting mengutip dari Antara tentang arti dari istilah tersebut.

LMIRL - Let's Meet in Real Live (bertemu langsung/kopi darat), berdasarkan survey yang telah dilakukan Know Net dari 1000 peserta hanya 8 persen yang menjawab benar dalam memahami arti singkatan tersebut. Artinya sangat banyak sekali orang yang tidak memahami Istilah Internet yang digunakan ABG sekarang.

Selain istilah diatas, kebanyakan orang tua juga tidak memahami arti dari ASL (age sek location / usia, jenis kelamin dan tempat tinggal). Bahkan diantara mereka ada yang mengira ASL itu adalah ASAL? heeem... jauh bukan?

POS - Parents Over Shoulder (orang tua mengawasi), istilah ini sering digunakan anak anak bila ingin merahasiakan sesuatu dari orang tuanya saat chatting dengan temannya di social media.

YOLO (you only live once/kau hanya hidup sekali).

Frape berarti menyabotase laman Facebook seseorang ketika mereka membiarkan akunnya ter-log in

Torenting, yaitu istilah lain dari aktivitas mengunduh digital file terlarang.

Dengan memahami beberapa arti kata bahasa internet diatas yang mungkin akant terus bertambah dan berubah maka anda sudah belajar memahami kebutuhan anak saat ini. dan sebagai orang tua tidak ada salahnya juga bila anak sedang online dan anda mengikutinya dan menanyakan hal hal yang tidak diketahui secara langsung. Berterus terang tidak memahami dan  menanyakan dengan bijak jauh lebih baik daripada bersikap acuh tak acuh.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...