Tuesday, August 20, 2013

Cara Menjaga Warna Merah Burung Kenari dengan Parutan Wortel

Indahnya warna burung kenari yang dominan orange kemerahan menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia kicau mania saat ini, bahkan penjual lebih suka menyebutnya warna merah meskipun sebenarnya itu adalah warna orange yang menyerupai warna wortel atau jeruk. Bagi yang telah membeli dan memiliki Kenari Warna Merah tentu menginginkan warna bulu burung kenari tersebut tetap berwarna merah sehingga tampak menarik dan memiliki daya jual tinggi. Namun seperti apakah cara menjaga bulu burung kenari agar tetap berwarna merah?

Berdasarkan tinjauan Infoting, warna merah burung kenari itu dipengaruhi oleh pemberian makanan yang mengandung pigmen merah yang disebut dengan beta charrotine. secara alami beta carotine dapat diperoleh dengan memberikan makanan yang kaya dengan zat tersebut yaitu Wortel, Bunga Kol dan Paprika. 

Pemberian makanan tersebut dapat diberikan setiap periode tertentu misalanya 3 hari sekali untuk menjaga warna merahnya agar tidak pudar, namun saat burung mengalami pergantian bulu atau mabung dapat diberikan setiap hari agar bulu burung menjadi berwarna orange kemerahan karena asupan beta charrotine.

Cara membuat parutan wortel 
 
Parut 1 buah wortel dengan parutan kelapa, tambahkan madu murni dan aduk sampai rata, kemudian jemur sampai kering, setelah kering berikan parutan wortel tersebut pada makanan kenari yang dicampur dengan Cede maupun kenari Seed.

Kepada kenari  mania kami ucapkan selamat mencoba, seperti halnya Infoting yang tengah melakukan percobaan sebagaimana dianjurkan oleh master kenari lainnya.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...