Friday, January 27, 2012

Cara Ber Ternak Burung LOVEBIRD

Cara Ber Ternak Burung LOVEBIRD - Burung pemakan biji bijian yang cerewet ini sangat sulit dibedakan jantan dan betinanya karena hampir tak ada beda. Lovebird yang telah terlatih juga bisa menirukan beberapa suara burung yang lain. Tembakan dari lovebird banyak disukai para pecintan burung berkicau sehingga sering dijadikan masteran burung berkicau lainnya. Seperti Cendet, cucak ijo, kacer dll. Burung lambang cinta ini sangat unik baik dari segi warna yang menarik maupun cara berternak yang tidak semudah Cara Berternak Burung Kenari. Jika anda merasa sulit untuk berternak Lovebird, jika anda termasuk kicaumania yang suka breeding mungkin berternak kenari bisa jadi alternatifnya, karena breeding kenari sangatlah mudah dibandingkan Cara Berternak Burung Lovebird.
Namun demikian pada kesempatan ini kami akan membantu anda untuk memberi tips cara berternak lovebird, meski hanya sekilas semoga bisa membantu.

Sebelum lebih jauh tentang hal ini, mungkin anda berkenan pula untuk melihat artikel Chens Blog sebelumnya tentang Cara membedakan/Menentukan Jenis Kelamin burung Love Bird.

Lovebird biasanya bisa bertelur pada usia 8 bulan. Namun usia tersebut kurang baik untuk produktifitas lovebird. Pada usia 8 bulan lovebird belum benar-benar matang untuk berproduksi, sehingga sering terjadi kegagalan dalam penetasan. Kalaupun berhasil kemungkinannya sangat kecil dan kualitas lovebird yang dihasilkan biasanya kurang bagus. Untuk usia yang bagus yaitu usia 1 tahun, pada usia tersebut lovebird benar-benar sudah siap untuk berproduksi.

Dalam berkembang biak lovebird memerlukan tempat untuk meletakkan telurnya yaitu sarang. Tempat tersebut harus kita sediakan dengan baik sehingga lovebird bisa mengeram dengan tenang dan telur lovebird dapat menetas dengan baik.Tempat bertelur lovebird umumnya berbentuk kotak dengan ukuran bervariasi. Untuk kotak yang ideal berukuran 20cmx20cmx25cm. Penempatan kotak tersebut harus terhindar dari terik matahari dan hujan. Selain kotak tempat bertelur jangan lupa disediakan pula bahan sarang, bisa berupa rumput kering, serutan kayu dll. Bahan tersebut diletakkan di dasar kandang, jika sudah mendekati masa bertelur lovebird akan membawa bahan sarang tersebut ke dalam kotak tempat bertelur untuk ditata sebagai dasar untuk meletakkan telur dan berguna untuk menghangatkan telur.

Pada masa pengeraman lovebird memerlukan kondisi lingkungan yang tenang bebas dari gangguan apapun. Kondisi ini harus benar-benar di jaga agar mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa orang beranggapan bahwa kalau lovebird sedang mengeram tidak boleh dilihat/dipegang telurnya. Hal tersebut sangat masuk akal untuk menjaga ketenangan lovebird yang sedang mengeram. Namun kelemahannya bagimana kita bisa mengetahui apakah telur tersebut menetas atau tidak. Untuk mengatasi hal tersebut biasakan kita melihat isi kotak telur sebelum lovebird tersebut bertelur. Sehingga dengan kebiasaan tersebut ketika lovebird sudah bertelur dan mengerami telurnya kalau kita lihat tidak merasa terganggu karena sudah terbiasa dilihat.

Setelah masa pengeraman selama 25 hari telur belum juga menetas besar kemungkinan telur tersebut tidak menetas dan bisa di ambil biar lovebird bertelur kembali. Telur yang kita ambil tersebut kita pecah untuk mngetahui kondisi telur tersebut. Apabila kondisi telur tersebut masih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur terseut tidak dibuahi. Namun apabila tersebut busuk berarti gagal dalam pengeramannya.

Makanan LOVEBIRD

Agar lovebird yang anda pelihara dapat berproduksi secara maksimal, maka kita harus memberikan makanan yang berkwalitas dan bervariasi. Makanan yang disukai lovebird diantaranya: milet, jewawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, kangkung, sawi, toge, dll.

Jika anda ingin memilihara anakan sendiri, yaitu dipisahkan dari induknya dan memberi makan sendiri anakan lovebird muda ini kami juga memberikan tips Cara memberi makan anakan lovebird di artikel kami sebelum ini. dimana cara ini efektif untuk menjinakkan anakan lovebird anda sehingga jika jinak akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...