Sunday, March 11, 2012

Puisi Lan Fang | Dalam Novel Kembang Gunung Purei

Lan Fang adalah Penulis novel yang dilahirkan di Banjarmasin dan besar di Surabaya. karya karya lan fang dalam bentuk novel dan tulisan puisi bebasnya sudah banyak dibaca orang sejak dia masih duduk di bangku SMP. seperti Cerita Bobo, Novel dalam Anita Cemerlang  Gadis dan berbagai novel lainnya yang telah beredar di pasaran pada waktu itu. ada salah satu novel yang menjadi perhatian penulis karena memiliki puisi yang sangat bagus untuk disimak yaitu dalam novelnya Kembang Gunung Purei.

Berikut ini adalah isi puisi yang terdapat di pembukaan novel Kembang gunung Purei tersebut.

Saat-saat kutulis bagian tengah buku ini di
Ujung kakinya…
Saat-saat tidak bias menyelesaikan bagian akhir
Buku ini…
Karena…
Ia memberiku…
Tidur panjang yang cantik…
Mati indah,
Tapi meninggalkan ngilu dalam dan panjang…
Sehingga…
Buku ini…
Tidak pernah selesai…..
 (***** sby, 5 Agustus 2003 *****)

Lan Fang telah meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2011 di Rumah Sakit Mont Elisabeth Singapura, Minggu siang ketika sebagian dari kita merayakan hari Natal. Lan Fang mengalami tidur panjang yang cantik dan mati yang indah. Meski Lan Fang telah meninggal namun karyanya tidak pernah dilupakan sebagai penulis yang bisa menjadi contoh bagi generasi muda Surabaya untuk terus menulis dan berkarya. 

Sebagai tambahan bahwa Novel Kembang Gunung Purei karya lan fang menyabet gelar Juara pada Perlombaan Novel Terbaik oleh Femina pada tahun 2003. sehingga novel itu pun menjadi best seller.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...