Thursday, March 29, 2012

Efek dan Solusi Kenaikan Harga BBM Terhadap Ekonomi

Seminggu belakang terjadi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM-Bahan Bakar Minyak semakin menjadi jadi dan semakin panas. BBM bila tersulut api bisa terjadi kebakaran yang sangat panas dan meluluhlantakkan semua yang ada. Demikian pula dengan para demonstran yang kian tak terkendalikan dengan perbuatan anarkisnya. Padahal perbuatan anarikis yang merusak fasilitas umum itu adalah kerugian negara dan kerugian rakyat indonesia sendiri, Mengapa? hal ini karena kaitannya dengan dana yang digunakan untuk proses pembangunan sarana umum adalah dana kas negara yang uangnya dari rakyat juga. Dengan kenaikan harga BBM banyak sendi sendi ekonomi dan pelayanan yang mengalami perubahan atau fluktuasi.

Kenaikan harga BBM yang lebih spesifik di rakyat kita adalah kenaikan harga bensin dan solar memiliki efek ekonomi yang sangat besar yaitu berupa naiknya biaya produksi dan juga biaya transportasi sehingga mau tidak mau pihak perusahaan akan menaikkan pula harga pokok penjualan karena harga pokok produksi atau HPP mengalami kenaikan. Lalu apa pengaruhnya pada masyarakat?

Jelas saja kenaikan harga barang atau bahan makanan atau mahan produksi usaha kecil tentu saja membuat kenaikan tingkat konsumsi keluarga. karena kenaikan harga bbm mengakibatkan kenaikan pula harga sembako dan bahan makanan lainnya.

Pemerintah tentu mengalami dilema dalam meyikapi permasalahan ini. Namun pemerintah harus arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan. agar keputusan yang diambil dapat diterima rakyat dengan lapang dada. namun demo telah terjadi dimana mana sedangkan kenaikan harga bbm sudah tidak dapat ditunda lagi untuk menghindari hutang atau pengeluaran negara yang semakin besar.

Menurut kami kenaikan harga bbm memiliki efek ekonomi :
  • Kenaikan Harga Pokok Produksi
  • Kenaikan Biaya Transport
  • Kenaikan Bahan Bahan mentah maupun barang jadi
  • Kenaikan Harga Sembako

Lalu apa yang mesti kita lakukan dalam menyikapi hal tersebut, atau solusi apa yang mesti kita ambil sebagai pengusaha :
  • Harus berhati hati dalam mengambil keputusan untuk menaikkan harga barang produksi kita
  • Karena kenaikan hpp tidak dapat dihindari maka barang produksi kita harganya harus dinaikkan agar tidak terjadi kerugian (masuk diakal) namun harus bijaksana dengan tetap menjaga kualitas.
  • Berbanding lurus pula dengan keadaan karyawan, Kenaikan harga bbm mengakibatkan kenaikan biaya hidup sehingga setiap pengusaha atau Big Bos harus paham benar akan hal ini sehingga menaikkan pendapatan pegawai juga perlu, hal ini untuk menjaga keselarasan. karena itu menaikkan harga produksi juga harus mempertimbangkan biaya pembayaran gaji pegawai yg juga harus bertambah.
  • Diperkirakan akan terjadi kenaikan harga barang barang mencapai 7% sesuai dengan persentase kenaikan harga bbm.
dan kita selaku rakyat Indonesia yang cinta demokrasi dan kedamaian, lebih bijak jika kita melakukan demo namun tidak merugikan negara dan juga masyarakat pada umumnya. tidak merugikan perusahaan dimana kita bekerja. karena demo yang berkepanjangan sangat berpengaruh pada produksi perusahaan. Mengapa tidak demo di hari libur saja supaya tetap bisa bekerja dan pekerjaan tidak terganngu.

Demikian pendapat kami tentang efek dan solusi kenaikan harga bbm, mohon maaf ahli ekonomi jika ini tidak berkenan, mohon maaf pada saudara saudara sekalian bila sikap ini mungkin tidak tepat. namun siapa pun kita harus tetap menghargai pendapat orang lain sebagai falsafah demokrasi.


d

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...