Monday, December 19, 2011

Faktor Penentu Kebijakan Penjualan Mobil Mercedes Bencz

Faktor Penentu Kebijakan Penjualan Mobil Mercedes Bencz - Ada beberapa faktor penentu kebesaran dalam pemasaran dan penjualan suatu barang terutama adalah mobil mewah seperti mobil mercedes bencz. berikut ini akan kami bagikan tips jitu yang dikembangkan atau dijalankan sebuah dealer mobil mewah di surabaya yang menyelenggarakan pemotongan diskon dan servis gratis untuk meningkatkan penjualan.

Terdapat dua faktor penting yang mempengaruhi cara dan keberhasilan perusahaan terhadap pemasarannya, yaitu:
(1)   Lingkungan Eksternal Sistem Pemasaran. Lingkungan ini tidak dapat dikendalikan perusahaan, misalnya kebebasan masyarakat dalam menerima atau menolak produk perusahaan, politik dan peraturan pemerintah, keadaan perekonomian, kependudukan serta munculnya pesaing;
(2)   Variabel Internal Sistem Pemasaran. Variabel ini dapat dikendalikan oleh perusahaan, terdiri atas dua kelompok, yaitu sumber bukan pemasaran (kemampuan produksi, keuangan, dan personal) dan komponen-komponen bauran pemasaran yang meliputi: produk, harga, promosi, dan distribusi (Swastha, 2002).

Faktor pendukung terhadap program Hartono Raya Motor
Situasi perekonomian tanah air yang semakin baik dimana pertumbuhan ekonomi Jawa timur di prediksi mencapai 6 Persen yang juga berimbas pada menurunnya suku bunga Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) mencapai 3,99 Persen membuat penjualan Mobil mewah juga ikut terangkat. Buktinya sampai dengan bulan November saja penjualan telah memenuhi target selama tahun 2011 ini, Target penjualan pada tahun ini adalah sebesar 185 unit sementara sampai dengan November Hartono Raya Motor telah berhasil menjual hingga 220 Unit.
Suku bunga Kredit yang turun membuat konsumen melakukan pembelian secara kredit dengan menggunakan program KKB, dimana saat ini penjualan dengan cara kredit mencapai 70 Persen dari keseluruhan total penjualan. Hal ini dengan alasan bahwa dana yang ada dapat dipergunakan untuk usaha yang lebih menghasilkan oleh para konsumen. Demikian penjelasan dari Hartoyo Yuwono General Manajer PT Hartono Raya Motor (HRM).
Penurunan suku bunga dan kondisi perekonomian yang lebih baik dari tahun sebelumnya adalah Faktor Pendukung atau alasan utama dibuatnya Program Hartono Raya Motor untuk meningkatkan penjualan diakhir tahun 2011 ini.  Sehingga dapat dijelaskan bahwa Faktor eksternal pada saat ini sangat mendukung untuk berhasilnya penjualan mobil mewah Mercedes Bencz pada Hartono Raya Motor.
Faktor pendukung lain yang dapat menentukan keberhasilan dalam program bulan promo Hartono Raya Motor tentunya adalah minat beli konsumen terhadap produk Mercedes Bencz yang sudah terkenal kualitas dan kenyamanannya saat dikendarai, karena Mercedes Bencz adalah merek mobil eropa yang sudah memiliki nama besar di dunia otomotive.

Faktor kendala terhadap program Hartono Raya Motor
Setiap program yang berjalan tidaklah secara keseluruhan berjalan lancar karena kendala ekonomi tetap saja ada, diantara kendala utama dalam masalah ini adalah masalah kebijakan dan peraturan baru dari pemerintah sehubungan dengan kenaikan Biaya Balik Nama (BBN). Kondisi seperti  ini jelas membuat penjualan mobil mewah ini mengalami stagnan namun seiring dengan berjalannya waktu konsumen akhirnya juga kembali memahami kebijakan peraturan tersebut dan akhirnya kondisi penjualan kembali mengalami tren naik.
Pada tahun ini BBN adalah suatu faktor yang menjadi kendala dalam program penjualan Mobil mewah yang diselenggarakan Hartono Raya Motor, dan tetap berharap agar pertumbuhan ekonomi semakin membaik dan pihak bank tidak menaikkan suku bunga. Karena bila sewaktu waktu perbankan menaikkan suku bunga maka hal ini bisa menjadi masalah juga dalam penjualan secara umum. Ini adalah faktor eksternal yang juga menjadi kendala terhadap program Hartono Raya Motor

Action Program untuk Hartono Motor agar mencapai target penjualannya.
Menjelang akhir tahun 2011 ini pihak hartono menyelenggarakan beberapa event agar penjualan melebihi target awal dan meningkatkan penjualan. Salah satu event yang telah terselenggara adalah Mercedes Benz Invitation yang berlangsung hanya 2 hari yang berhasil melakukan penjualan 10 unit dari target penjualan sehari 15 unit. Ini adalah sebagai bukti tren positif konsumen terhadap minat beli mobil mewah sekelas Mersedes Bencz.
Langkah lain yang ditempuh untuk memenuhi target penjualan adalah dengan memangkas bunga kredit hingga 0 persen atau tanpa bunga dengan jangka waktu kredit adalah 2 tahun. Selain itu memberikan fasilitas Asuransi All Risk adalah program yang cukup menggiurkan konsumen sehingga selama masa kredit mobil mereka benar benar terkover dengan baik.
Setelah Faktor Eksternal ada dukungan itu artinya tinggal faktor internal apakah ada dukungan dari perusahaan? Ternyata perusahaan juga mendukung lancarnya penjualan dengan memangkas jumlah persentase bunga kredit hingga 0 Persen serta layanan asuransi tanpa ada tambahan biaya. Layanan  asuransi dan garansi serta servis yang memuaskan adalah andalan perusahaan yang dapat dilakukan untuk mensukseskan program penjualan akhir tahun dan tercapainya target penjualan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...