Tuesday, April 2, 2013

Cara Membersihkan Rantai Motor

Untuk menjaga keawetan rantai sepeda motor maka yang umum dilakukan adalah dengan memberi pelumas, bisa oli bekas, oli baru maupun pelumas yang dibuat khusus untuk rantai motor. Namun masalah akan timbul bila pelumasan terus dilakukan yaitu rantai menjadi berwarna hitam dan kotor karena banyaknya debu dan pasir yang menempel. Sementara bila langsung di cuci dengan sabun pada saat motor di cuci, tentu saja kain lap akan kotor kena oli yang berimbas kotoran tersebut akan membekas ditempat lain. 

Infoting berbagi pengalaman tentang Cara Membersihkan Rantai Motor :

  1. Sebelum menyemprot motor dengan air karena mau dicuci, Seluruh permukaan rantai basahi atau sikat dengan minyak tanah, solar atau bensin. Pilih saja yang paling murah. Namun yang umum adalah Minyak tanah atau Solar. dengan demikian oli bekas yang telah menggumpal dirantai akan mencair sehingga mudah untuk dibersihkan.
  2. Langkah kedua Semprot rantai dengan semprotan yang keras, kemudian Sabun rantai dan gear motor anda hingga bersih.
  3. Cuci seluruh bagian motor anda dengan bersih dan motor anda pun akan bersih seluruhnya, terutama yang tampak adalah rantainya yang bersih karena diperlakukan secara berbeda.
  4. Ada cara lain untuk membersihkan rantai tanpa harus mencuci motor yaitu dengan mencopot rantai kemudian merendamnya dengan solar atau minyak tanah, kemudian di goyang goyang, 5 menit kemudian tiriskan maka rantai anda pun bersih tanpa harus mencucinya dengan sabun.

Itulah Tips Cara membersihkan Rantai Motor, semoga berguna...

Reaksi:

1 comment:

  1. wah keren tipsnya.. bermanfaat sob. saya sebelumnya tidak tau nih.. hehehee.. makasih ya infonya..

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...