Saturday, February 11, 2012

Hary Valentine Dalam Pandangan Islam

Harrie Valentine Dalam Pandangan Islam - Bagaimana islam memandang dan menilai hari valentine yang disebut juga hari kasih sayang? Islam agama yang membawa keselamatan untuk sekalian alam. Namun menilik kembali pada Sejarah Valentine's Day, Sebenarnya hari valentine itu bukan suatu kisah tentang sejarah umat muslim melainkan adalah kisah milik umat nasrani. Sehingga kami menyimpulkan bahwa "Kita tidak perlu merayakan hari yang bukan atau tidak ada kaitannya dengan agama kita" pada hal jika ingin berkasih sayang, setiap waktu kita bisa berkasiih ssayang, bahkan telah ditanamkan dalam hati kita bahwa "setiap muslim satu dengan muslim lainnya adalah saudara" karena makna saudara ini tadi maka kita sudah sewajarnya bila sesama muslim wajib untuk berkasih sayang.

Wujud kasih sayang itu bisa dicurahkan dengan saling membantu dengan yang membutuhkan bantuan, mengarahkan kejalan yang benar untuk yang keliru, bertutur sapa dengan lemah lembut, mengucapkan salam bila bertemu dan berpisah, dan masih  banyak lagi cara untuk berbagi kasih sayang.

Jangan sampai berbagi kasih sayang dengan mengumbar syahwat, bersentuhan dengan lawan jenis padahal bukan muhrimnya. ini sungguh berlebihan. dan jelas jelas melanggar syariat islam, yang secara norma itu tidak patut dilakukan apalagi sesuai aturan hukum agama.
Berikut ini kutipan ayat Alquran tentang hal yang berkaitan :

"Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)". Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu." ( QS. Al- Baqaroh: 120)


Teman... Sejalan dengan itu Rasulullah juga pernah menyampaikan:
"Belum sempurna iman seseorang hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri"
Kasih sayang dalam Islam bersifat Universal. Ia tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, ia juga tidak dibatasi oleh objek dan motif. Kasih sayang diwujudkan dalam bentuk yang nyata seperti silaturahmi, menjenguk yang sakit, meringankan beban tetangga yang sedang ditinpa musibah, mendamaikan orang yang berselisih, mengajak kepada kebenaran (amar ma'ruf) dan mencegah dari perbuatan munkar.

Sahabat Chens yang tersayang... Valentine adalah kegiatan ritual yang bukan berasal dari Islam. Dalam pemahaman Islam, kegiatan ritual yang bukan berdasarkan syariat Islam dan tidak dicontohkan Rasulullah SAW seperti halnya Natal, Tahun baru Masehi, Imlek dan sebagainya maka harus kita sikapi seperti Rasulullah mensikapi tawaran kaum Quraisy untuk sama-sama melaksanakan ibadah secara Islam dan ibadah jahiliah secara bergantian. Tawaran tersebut dijawab oleh Allah dengan firmannya:
"Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". (QS. Al Kaafirun: 6)
Wallahu'alam bi showab... Mari kita berpegang teguh pada tali agama yaitu Alquran dan Alhadist. Niscaya kita akan selamat di dunia dan di akhirat. Amin

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...