Wednesday, August 8, 2012

Kata Bijak Hari ini | Arti Kejujuran

Kejujuran dan Kepercayaan sangat erat kaitannya, orang yang selalu berkata dan berprilaku jujur akan dipercaya oleh orang lain. dimana nilai kejujuran itu lebih berarti dari seikat uang. Kejujuran itu memiliki arti yang sangat luas dalam tatanan kehidupan ini, nasehat  orang tua kita dulu yang selalu menganjurkan jujur ternyata memiliki artian yang tidak terbatas. bukan sekedar jangan berbohong dan bukan sekedar jangan menyembunyikan sesuatu.

Sebagai orang tua yang baik tentu akan selalu mengajarkan kebaikan untuk anak anaknya, sehingga menanamkan sifat dan sikap jujur pada diri anak sejak dini sangatlah penting. Sebagai orang tua sebaiknya jangan pernah mengajari anak berbohong karena sekali kita mengajari maka hal itu akan diingat terus selamanya dan berfikir "ibu atau ayah saja boleh berbohongd... kenapa aku tidak..."

Tanpa kita sadari orang tua terkadang membohongi anaknya... Untuk anak yang agresif atau sedikit Hiperaktif terkadang sulit untuk di beri tahu dengan perintah sehingga anak ingin selalu mencoba. Sebagai contoh : Saat ibu mau pergi ke Pasar, anak mau ikut. supaya anak tidak ikut ibunya bilang ....
"ibu mau ke dokter nak mau suntik... mau ta adik di suntik pak dokter...."
Saat itu benar saja anak nggak jadi ikut karena takut di suntik dokter
Tapi begitu pulang yang dibawa ibu adalah belanjaan dari pasar 
Tentu si anak bertanya lagi... katanya ibu ke dokter...?
Saat itu si anak mulai merekam kejadian dan tanpa kita sadari kita sudah mengajari kebohongan.

Sebagai orang tua kita sudah mengabaikan Kata Bijak | Nasehat yang baik adalah contoh kebaikan... bukan sekedar ocehan.

Arti Kejujuran : Menempatkan sesuatu pada tempatnya, membagi sesuatu dengan seadil adilnya, tidak mengambil yang bukan milik sendiri, Menyampaikan pesan atau perkataan apa adanya tanpa mengurangi dan menambahi.

Jika anda berprilaku jujur, apa yang menjadi hak anda akan menjadi milik anda, hidup akan menjadi tenang dan tidak ada perasaan bersalah pada siapa pun. 

Begitu pentingnya nilai kejujuran sehingga bila anda menemukan prilaku tidak jujur pada anak atau siswa kita maka langsung saja diberi teguran atau hukuman agar mereka terbiasa dengan hidup jujur. 

Orang yang culas dan suka berhianat akan mendapatkan hukuman yang setimpal baik hukuman di dunia maupun di akhirat kelak. 

Karena itu tanamkan kejujuran sejak dini, pada diri sendiri dan keluarga kita...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...