Friday, May 17, 2013

Cara Menggunakan Transmisi Matic Mobil Suzuki ERTIGA

Sahabat Infoting, Kali ini admin akan menyampaikan tips ringan di bidang Automotif yaitu perihal cara menggunakan mobil dengan transmisi Matic. Karena sebagian orang beranggapan bila kendaraan matic terasa menyulitkan. Padahal tidak demikian. Mobil matic justru lebih mudah dan simple, seperti yang diterapkan pada mobil Suzuki Ertiga Serie terbaru. Inovasi suzuki dalam menggunakan transmisi matic begitu sempurna sehingga kendaraan menjadi mudah dikendarai diberbagai ruas jalan. Fitur fitur Ertiga Matic memberi kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya.

Fungsi Transmisi D - drive, posisikan perseneling di huruf D bila keadaan jalan rata atau jalan raya pada umumnya, dengan tanjakan kecil atau turunan yang tidak begitu curam. Caranya cukup mudah, tekan pedal Rem, kemudian pindahkan tuas persneling di posisi D, Lepaskan pedal rem perlahan maka kendaraan akan berjalan pelan. Untuk menambah kecepatan tekan pedal gas secara perlahan juga sesuai kebutuhan.

Bila kendaraan telah melaju dengan kecepatan rata rata, pindahkan tuas di posisi N-neutral, dalam kondisi seperti ini roda mobil tidak terkunci  oleh sistem transmisi sehingga mobil akan tetap melaju dengan sisa daya dorong yang masih ada, hingga berhenti bila memang mau berhenti, bila tidak ingin berhenti dan ingin menambah kecepatan anda bisa memindahkannya ke posisi D kembali. Posisi di lampu merah bukan tanjakan sebaiknya letakkan perseneling di posisi ini (N) agar RPM mesin tidak turun drastis (posisi P) dan tetap stabil bila langsung di pindahkan ke D.

Perseneling N juga bisa difungsikan ditempat parkir yang perlu di geser geser oleh tukang parkir, namun anda juga jangan menarik hand rem agar tukang parkir dapat mendorong mobil bila diperlukan.

Jika ingin mendahului kendaraan di depan saat kecepatan tinggi, matikan terlebih dahulu overdrive, karena pada dasarnya overdrive selalu dalam kondisi on. Dengan mematikan overdrive, anda akan mendapatkan engine brake saat pengereman dan tenaga overtaking untuk mendahului.

Semua medan jalan hampir bisa ditempuh dengan ERTIGA, bila anda melaju dijalan tanjakan pindahkan persneling di posisi gigi 2 agar laju kendaraan lebih nyaman dan aman, anda akan mendapatkan tenaga yang lebih besar dengan brake engine yang memadai. Namun bila tanjakan dan turunan terlalu Curam anda bisa memindahkan gigi Transmisi ke posisi L - low. saat menggunakan transmisi ini tenaga mesin akan meningkat dan saat turunan yang curam fungsi brake engine lebih maksimal.

Bila ingin parkir mundur atau mobil ingin mundur pindahkan tuas transmisi ke posisi R-reserve, dengan cara injak pedal rem lebih dulu, kemudian pindahkan transmisi dan lepaskan Rem secara perlahan agar mobil tidak mundur dengan cepat. 

Bila mobil telah berada ditempat yang aman dan tak perlu di dorong dorong maka pindahkan transmisi di posisi P-parkir. posisi ini seluruh roda akan terkunci dengan sistem transmisi dan mobil tidak dapat di dorong.

Itulah Cara Menggunakan Transmisi Matic Mobil ERTIGA dan mobil matic pada umumnya. Semoga bermanfaat untuk teman teman yang masih bingung dengan penggunaan transmisi mobil matic.

Reaksi:

1 comment:

  1. Btw klo sudah ada posisi P, maka guna rem tangan untuk apa ya mas?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...