Tuesday, November 13, 2012

Langkah dan Cara Menyusun RPP Berkarakter Kreatif

Menyusun RPP terkadang sering membuat sebagian tenaga pendidik jemu karena harus menuliskan Rencana Pembelajaran yang sudah dihafal dan akan disampaikan pada anak didiknya. Berikut ini Infoting memiliki sedikti catatan tentang Langkah dan Cara Menyusun RPP Berkarakter yang kreatif. dimana langkah ini menuntut anda lebih kreatif dan mandiri dalam menyusun RPP untuk Siswa yang sedang anda pandu. 

Belajar pada contoh RPP yang sudah ada tetap ada baiknya, namun menyusun RPP yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa akan lebih berguna daripada menyusun RPP yang baik dari kumpulan RPP yang ada namun tidak sesuai dengan kebutuhan Siswa.

Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa menyusun RPP itu tidak harus bertolak ukur dengan RPP contoh yang bisa anda temukan di laptop atau berbagai panduan lainnya, namun berdasarkan kreatifitas dan kebutuhan mendasar siswa itu lebih utama. [demikianlah yang dapat kami simpulkan atas pengalaman seorang guru yg telah mengikuti PLPG dengan masalah menyusun RPP yng dihadapinya].

Langkah langkah dalam membuat RPP dan Silabus yang kreatif:
  • Pertahankan standar kompetensi dan kompetensi dasar, lalu usahakan untuk membuat indikator yang kreatif.
  • Ciri-ciri indikator yang kreatif adalah ia berorientasi pada produk yang akan dibuat oleh siswa. Misalnya siswa membuat jurnal, poster, presentasi singkat serta banyak lagi jenis penugasan yang kreatif dan memaksa siswa mempreaktekan berpikir tingkat tinggi.
  • mulai sekarang jadikan buku teks sebagai mitra dan bukan satu-satunya rujukan, banyak sekali RPP yang ujung-ujungnya meminta anak mengerjakan soal yang ada di LKS atau buku teks. Padahal ini saatnya menjadikan buku teks sebagai acuan teori, soal bentuk penugasan semakin kreatif guru maka semakin senang dan tertantang siswa untuk mengerjakan yang terbaik.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...