Thursday, November 1, 2012

Firasat Menurut Imam Al Ghozali

Firasat adalah cahaya yang memancar ke dalam  hati, penguasaan ma'rifat yang membawa keajaiban-keajaiban kedalam hati. dari sesuatu yang gaib menuju yang gaib, sehingga seseorang mampu melihat sesuatu menurut sisi mana Tuhan "Memandang". Dia bisa berbicara dengan hati Makhluk.

Menurut sebagian ulama salafus sufi, Mukasyafah adalah terbukanya tabir rahasia. Mukasyafah terbagi menjadi tiga, pertama, Muksyafah dengan hal hal yang baik. Kedua, mukasyafah dengan menampakkan kemampuan. Ketiga, Mukasyafah hati dengan esensi keimanan. Karomah (keistimewaan) tersebut dapat di capai jika seseorang rajin mengamalkan latihan latihan (riyadha). baik lahir maupun batin.

Begitulah Menurut Imal Al Ghazali, seseorang bisa memiliki Firasat untuk mempertajam indera ke enam guna memahami hati seseorang maupun ke Esaan Tuhan. Kemakrifatan dapat ditempuh oleh siapa pun dengan berbagai ritual yang telah diajarkan oleh para Sufi. 

Magfirah bisa ditemukan oleh setiap diri yang benar benar disiplin dalam menjalankan ritual keagamaan seperti yang telah diajarkan para sufi dengan melalui tahapan tahapan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...