Saturday, November 10, 2012

Cara Merawat Burung Pleci

Burung Pleci merupakan burung mungil yang lincah dan pintar menirukan suara burung lainnya yang sealiran, Banyak sekali Jenis Jenis Burung Pleci, namun burung pleci yang paling banyak dicari adalah burung Pleci Malang yang bentuk fisiknya lebih kecil daripada burung pleci lainnya. Namun burung Pleci malang memiliki keistimewaan dari mudahnya beradaptasi dan juga meniru burung ocehan lainnya.

Burung pleci KTP Malang memiliki suara yang kecil melengking, burung ini akan melalui beberapa tahapan ocehan yaitu :
  1. Burung awalnya hanya ngoceh cing cing cing dengan nada tinggi
  2. Setelah nyaman burung ini akan ngriwik dengan nada yang pelan di dalam tenggorokan untuk menyanyikan suara burung lainnya secara perlahan.
  3. Lama kelamaan burung Pleci akan belajar ngalas dengan nada panggilan yang yang rapat dan sahut sahutan satu dan yang lainnya dengan nada yang keras dan mulut mulai terbuka.
  4. Ngeroll - Ngeplong : tahapan ini adalah tahapan yang dinanti nanti oleh setiap  pecinta burung pleci dimana burung akan melantunkan irama yang keras dengan paruh yang terbuka lebar. namun untuk mencapai ini butuh waktu yang lama dengan perawatan yang telaten.

Berikut ini adalah Cara Merawat Burung Pleci agar cepat nggacor dan ngeplong :

  • Setiap pagi burung dimandikan atau sediakan air untuk minum dan mandi yang cukup, jemur dari pagi jam 6 hingga pukul 8 atau 9. setelah itu tempatkan diteras.
  • Gantang burung di teras berdekatan dengan burung pleci lainnya setiap harinya
  • Setiap pagi berikan Jamu (EF) burung pleci berupa Ulat Hongkong sebanyak 2 atau 3 ekor
  • Menjelang sore sekitar pukul 3 atau 4 sore burung kembali di angin anginkan namun jarak satu burung dengan burung lainnya harus agak berjauhan agar burung bisa bersahut sahutan karena saling mencari. gantang hingga menjelang petang.
  • Burung pleci biasanya suka berkicau menjelang petang hingga magrib.
  • Dengan perawatan yang rutin dan sabar penuh kasih sayang semoga Pleci kesayanganmu segera ngoceh dan gacor.

Salam Pleci Mania, Kicau Mania.

Reaksi:

2 comments:

  1. Yuk...Bisnis Baju Murah meriah dan CEPAT LAKU, CEPAT BALIK MODAL. Pumpung ada grosiran Baju Rp.5000 / potong. Silahkan Klik... www.topiklanku.tk

    ReplyDelete
  2. mantap gan keep blogging , kunjungan balik ditunggu gan,
    http://rahasiaclickbankreview.vv.si

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...