Sunday, December 2, 2012

Brenjonk, Desa Wisata Organik

Dusun Penanggungan, Mojokerto - Jawa Timur, mungkin satu-satunya dusun di Indonesia yang memiliki sertifikasi organik atas nama komunitasnya yang diberi nama Brenjonk Organic. Komunitas ini didirikan Slamet, 41 tahun, Ia ingin warga desanya hidup sehat tanpa mengkonsumsi hasil tani yang tercemar pestisida. Kini setelah berjuang dari tahun 2001 sebanyak 65 petani bergabung dalam komunitas ini. Lebih dari 20 jenis hasil tani mereka mendapat sertifikasi. Pendapatan petani organik pun meningkat signifikan.

Para kaum muda yang tadinya meninggalkan pertanian mulai kembali bertani organik. Dan buruh tani statusnya meningkat menjadi petani karena usaha pertanian organik di halaman rumah sendiri. Kini Slamet dan komunitas Brenjonk mulai mengembangkan desa wisata organik. Ia ingin desanya menjadi tempat tujuan wisata sekaligus untuk menularkan budaya pertanian organik pada pengunjung. Karena ia yakin pertanian organik baik untuk kesehatan dan lingkungan hidup manusia, serta bisa meningkatkan pendapatan para petani.

Produk Andalan Petani Organik Brenjonk Community
Sayur Organik
Sayur Organik BRENJONK memiliki kekhasan dalam proses budidaya, system dan model pendekatan sosialnya.Kemurnian Organik adalah salah satu perhatian utama yang selalu dipertahankan oleh BRENJONK.Sayur Organik BRENJONK dibudidaya dengan memanfaatkan lahan sempit disekitar rumah tangga. Tehnologi yang diterapkan dengan cara membangun unit-unit rumah sayur organik skala keluarga.

Beras Tuton Organik
Beras Tuton Organik BRENJONK benar-benar diproses secara alami, pupuk organic berasal dari limbah ternak sapid an kambing local. Perawatan ternak murni mengkonsumsi rumput-rumaput diperoleh secara alami dari hutan tanpa asupan bahan tambahan seperti vitamin, hormone dan lain-lainya.Pemrosesan beras tuton dilakukan secara manual, ditumbuh menggunakan lesung. Proses ini dilakukan dengan tujuan mempertahankan kulit ari (alureon) yang bermanfaat mempertahankan vitamin B5 dan serat.Kandungan serat pada beras tuton 5 x dan vitamin B5 8 x dari beras poles

Buah Lokal Organik

Buah lokal organik BRENJONK sebenarnya sudah dibudidaya oleh komunitas BRENJONK sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Areal tempat tumbuhnya buah lokal organik adalah areal hutan rakyat yang bebas kontaminasi bahan-bahan kimia seperti pupuk dan pestisida kimia sintesis.

Bumbu Lokal dan Ubi Organik
Bumbu lokal dan ubi-ubian organik tumbuh dan dibudidaya oleh komunitas BRENJONK di areal hutan rakyat. Masih bisa tumbuh di naungan pohon-pohon tanaman umur panjang.Aneka bumbu local dan ubi-ubian organic tumbuh dengan control alam dan keseimbangan ekosistem hutan rakyat yang penuh keragaman hayati.

Media Tanam Organik
Media tanam organik BRENJONK diperoleh dari bahan-bahan alami murni, dedaunan yang jatuh secara alami, kotoran sapi/kambing lokal, sampah basah dan sisa-sisa makanan dari dapur adalah bahan utama pembuatan kompos dan pupuk organik.

Rumah Sayur Organik
Rumah Sayur Organik Skala Keluarga merupakan satu inovasi BRENJONK yang sangat strategis dikembangkan di pedesaan maupun perkotaan. Model ini sangat familier diterapkan oleh semua kalangan baik petani, buruh tani, pns, karyawan perusahaan dan ibu-ibu rumah tangga. Sangat gampang perawatannya, pengerjaanya butuh waktu hanya 30 menit setiap hari dan bisa dikerjakan ibu-ibu rumah tangga disela-sela kesibukan. Hanya butuh ruang sempit disekitar rumah, hasilnya cukup untuk konsumsi keluarga dan sisanya bisa dijual dengan harga premium. Model ini sekaligus bisa menjawab tiga isu sekaligus, pertama keluarga kecil bisa mengkonsumsi makanan sehat dan aman, kedua semua sampah sekitar rumah bisa disulap menjadi sayur organik secara cepat dan ketiga hasilnya bisa dijual untuk meningkatkan pendapatan keluarga.



Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...