Saturday, September 28, 2013

Karakteristik/Spesifikasi Pohon Jabon

Info Tani kali ini ingin berbagi karakteristik pohon jabon yang sangat mudah untuk kita tanam di pegunungan sebagai peneduh juga sebagai pohon yang bernilai ekonomis karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan kayu, baik itu mebel, peti kemas maupun industri kertas. Infoting menyukai tanaman Jabon ini karena juga dapat menyejukkan udara dikala cuaca panas.

Harga bibit pohon jabon dalam polibag rata rata Rp. 7.000,-

Karakteristik/Spesifikasi Pohon Jabon

Jabon adalah sebuah tanaman pohon yang kayunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti perabotan rumah tangga, pembuatan peti, bahan dasar kertas dan lain sebagainya. Pohon jabon tergolong tanaman yang cepat tumbuh. Masa panen pohon jabon berkisar antara 3 – 5 tahun dengan pertumbuhan rata-rata 5 – 10 cm pertahun. Untuk lebih jelasnya silahkan baca informasi tentang kayu jabon dibawah ini.

Jabon ialah tumbuhan Kayu Keras yang sangat cepat tumbuh. Kayu Jabon adalah jenis pohonan / tanaman termasuk dalam keluarga Rubiaceae dan tumbuh baik diketinggian 0 sampai 1000 meter diatas permukaan laut, pada jenis tanah lempung, podsolik cokelat dan aluvial lembab yang pada umumnya terdapat di sepanjang sungai yang beraerasi baik.

Pohon Jabon jenis pohon cahaya atau light-demander yakni pohon yang cepat tumbuh. Kira-kira pada umur 3 tahun ketingginya bisa mencapai 9 meter dan memiliki diameter 11 cm.

Pada usia 5-6 tahun lingkar batang kayu pohon jabon dapat mencapai 40 sampai dengan 50 cm dengan diameter Pertumbuhan antara 5 sampai dengan 10 cm pertahun.

Di alam bebas ketinggian pohon Jabon dapat mencapai tinggi 45 meter dan memiliki diameter lebih dari 100 cm. Bentuk tajuk seperti payung dengan sistem percabangan melingkar. Daun pohon jabon tidak lebat dan memiliki batang pohon yang lurus silindris dan tidak berbanir dengan level kelurusan yang sangat baik.

Batangnya bebas bercabang bisa sampai 60% dan cabang akan rontok sendiri / self purning. Warna kayu pohon jabon krem keputih-putihan / kuning terang dan ada juga yang sampai sawo kemerah merahan.  Kayu pohon jabon mudah untuk dikeringkan dan mudah dipaku dan di lem, susutnya cukup rendah.

Pohon jabon bisa dimanfaatkan oleh industri Furniture, Plywood atau kayu Lapis, Korek Api, untuk alas sepatu, membuat papan, membuat peti, dijadikan bahan dasar kertas kelas sedang (investasi jabon).

Pohon jabon usia 5 tahun sudah dapat di panen karenanya usaha investasi kayu pohon jabon tergolong usaha investasi yang sangat menguntungkan dan menjanjikan bagi anda yang gemar berinvestasi.

Itulah Karakteristik dan kegunaan pohon Jabon yang begitu mudah untuk ditanam juga memiliki nilai ekonomis selain fungsinya sebagai peneduh dipinggir jalan atau paru paru bumi. Bukankah global warming mengancam bumi, untuk itu menggalakkan penghijauan dengan tanaman pohon jabon sangatlah penting.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...