Thursday, September 26, 2013

Renungan - Aliran Hidup

Ada beberapa aliran mengenai hidup. Ada orang yang memikirkan hidup itu masa lalu, membanggakan kejayaan masa lalu, kejayaan naneknya, kakeknya, orang tuanya, kemudian prestasinya di masa lalu.

Ada orang yang kebalikannya itu, hidup mereka lebih berarti kalau yang dipikirkan masa depan. Mereka punya prinsip lupakan masa lalu. Yang ada adalah masa depan. Barang siapa yang memikirkan masa depan, maka dia akan memperoleh kejayaan di masa yang akan datang. Orang seperti ini biasanya tidak mau mikir masa lalu, tidak mau menceritakan kebanggaan masa lalu, dan selalu berorientasi masa depan.

Tapi ada lagi aliran yang ketiga yang disebut power of now, kekuatan sekarang ini. Jadi banyak orang yang memikirkan hidup itu yang penting saat ini. Jadi jangan membanggakan masa lalu, jangan juga terlalu memikirkan masa depan, karena kalau terlalu memikirkan masa depan, maka hidupnya tidak bahagia. Bahkan Hidupnya seperti dipacu terus untuk mengejar masa depan. Padahal belum tentu masa depan itu realistis buat dirinya. Maka orang seperti ini memikirkan yang penting sekarang ini apa yang diperbuat, dengan kondisi yang ada, dengan keadaan yang ada.

Ada orang yang berpendapat, yang penting pokoknya saya berbuat sebaik-baiknya saat ini. Soal hasilnya seperti apa, soal apakah yang akan datang itu sukses, tidak terlalu peduli.

Tiga pilihan ini saya tidak ingin menyebutkan mana yang terbaik, tapi yang jelas bahwa terlalu membanggakan masa lalu sudah pasti itu membuang-buang waktu. Terlalu memikirkan masa depan juga bisa jadi tidak bahagia, dan berbuat yang terbaik saat ini menurut pendapat saya itulah yang paling realistis.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...