Monday, June 20, 2011

Layar LCD Amoled Adalah Teknologi Terbaru


Layar LCD Amoled Teknologi Terbaru - Berbicara Tentang teknologi layar AMOLED atau yang di sebut dengan Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode adalah. Teknologi ini telah dan akan menjadi trend di masa yang akan datang, karena layar AMOLED ini memiliki banyak keunggulan dari beberapa sisi dibandingkan dengan teknologi layar biasanya LCD. Sebelum lebih lanjut kita bahas keunggulan seputar layar AMOLED ini, mari kita intip dulu produk produk ponsel apa saja yang menggunakan teknologi ini.

Pertama yang penulis tahu, ponsel yang menggunakan teknologi ini yaitu Nokia N8, Nokia X7, Nokia E7, Nokia C7, Nokia C6-01, dan satu lagi produk sonny Ericsson. Dan rencanaya semua pabrikan ponsel akan menggunakan teknologi ini semua.

Oke mari kita bahas kenggulan teknologi layar AMOLED ini. Dari perakitan, proses dan bahan bahan pembuat dari layar ini menggunakan teknologi canggih dalam poses produksinya jadi jangan heran kalau device yang mengunakan perangkat ini harganya cukup mahal. Keunggulan pertama dari layar ini adalah bentuknya yang ekstra tipis sehingga perangkat yang akan di pasang layar ini seharusnya bisa lebih tipis lagi. Kenggulan berikutnya yaitu tidak mnembutuhkan cahaya latar atau backlight, yang mengacu pada teknologi yang mampu mengatur besaran piksel dengan konsumsi daya lebih rendah meski layar berukuran besar sekalipun.

Untuk secara teknisnya layar AMOLE ini memiliki beberapa lapisan yang terpisah untuk mengendalikan tampilan yaitu lapisan kutub positif (Anode layer), lapisan organic tengah (middle organic layer), lapisan kutub negative (cathode layer) dan lapisan bawah yang berisi untaian (circuitry).

Selanjutnya Layar AMOLED juga terdiri dari piksel-piksel OLED yang ditempatkan atau diintegrasikan ke transistor film yang kecil (Thin Film Transistor/TFT) untuk membentuk matrik piksel yang menyinari cahaya saat aktivasi elektrik, yang mana berfungsi sebagai pengontrol setiap piksel yang ditampilkan. Susunan TFT secara terus menerus mengontrol aliran piksel-piksel yang ditampilkan, memberi sinyal ke tiap piksel seberapa cerah harus memendar.

Seperti itulah secara singkat penjelasan seputar AMOLED, kalau anda ingin tahu lebih jelasnya mengenai apa itu teknologi layar AMOLED silahkan buka referensi website berikut: wikipedia AMOLED.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...