Saturday, April 17, 2010

Peran Ibu Terhadap Tumbuh Kembang Anak


Peran Ibu Terhadap Tumbuh Kembang Anak - Saya pernah mendengar ucapan seseorang yang lebih tua dari saya sewaktu saya masih sekolah di tingkat SMP, dia berkata bahwa “Anak-anak yang sholeh atau sholehah akan lahir dari seorang ibu yang sholehah, bukan dari bapak yang sholeh”. sehingga dapat dijelaskan bahwa keterkaitan seorang ibu sangat berpengaruh perannya dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, dan pengaruhnya lebih dominan dibandingkan posisi seorang ayah atau bapak.

Mengapa demikian?
Karena umumnya dan biasanya. Seorang ibu itu lebih dekat dengan anaknya daripada bapaknya. Karena kebanyakan bapak-bapak adalah lebih suka mencari nafkah atau bekerja dari pada mengurusi anak-anak. Meski sebenarnya urusan membesarkan anak bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu melainkan tugas dan tanggung jawab kedua orang tua. Mendidik anak zaman sekarang ini gampang-gampang susah karena pergaulan yang keliru anak-anak kita bisa terjerumus kedalam jurang yang menyesatkan.

Seorang ibu yang sholeh dengan kebiasaan mengerjakan pekerjaan dengan membaca Bismillah akan ditiru Anaknya meski anak mungkin belum tahu apa maksudnya, kebiasaan mengerjakan sholat lima waktu juga akan diikuti sang anak meski belum tahu tujuannya dan pada seorang ibu itu tadilah karakter baik akan terbangun.

Bayangkan bila seorang ibu yang suka berkata kotor atau tidak senonoh ? pasti anaknya juga akan menirukan meski juga tidak tahu maksudnya... Naudzubillahi min dzalik... jangan sampai kejadian.

Kemudian ada tips dari saya, umpama anda seorang ibu pernah atau sering bertengkar dengan suami, maka jangan pernah melakukan itu di depan anak-anak karena pengaruhnya terhadap mental anak sangat besar, bisa mengakibatkan anak anak anda membangkang.

semoga bermanfaat....

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...