Monday, April 12, 2010

Berita dari Ujung pedesaan negeri ini

Berita dari Ujung pedesaan negeri ini - Dusun atau perdukuhan adalah bahagian dari pedesaan yang dipimpin oleh kepala dusun atau dalam bahasa jawa dipimpin oleh seorang kamituwo atau orang yang dituakan.

Dusunku Selompak, Desa Tambakromo, Kec. Padas, Kab. Ngawi. adalah sebuah perdukuhan didataran yang sedang. dengan jenis tanah hitam, bila hujan datang tanah akan menjadi lengket. tapi bila kemarau datang tanah akan menjadi keras nyaris seperti batu dan terbelah-belah yang bahasa jawanya disebut Nelo. di dusun ini ada sebuah pohon besar yang dulunya angker, kalau disebut jenis pohonnya adalah pohon trembesi tapi kini telah dipotong, yang motong menjadi gila dan meninggal.

Konon, kayu ini dipercaya angker karena ditempati seorang lelaki tua yang biasa mereka sebut mbah ompak atau danyangnya dusun selompak.

Setiap tahun diadakan acara nyadran atau bersih desa, perayaan selamatan juga sering dilakukan disana, biasanya sich ada sesajennya nasi dengan aneka lauk pauk terutama satu ekor ayam panggang yang lezat...

di dusun selompak sampai dengan tahun ini telah dibangun 3 unit rumah ibadah yaitu berupa mushola, namun sayang kegunaannya belum maksimal. berdasarkan analisa saya hal ini terjadi karena kurangnya koordinasi para pemuka masyarakat.

tingkat pendidikan masyarakat disana juga bisa dibilang masih kurang, rata-rata masih berpendidikan tingkat SLTP. sumber ekonomi hanya dari bertani, berternak dan buruh tani.

harapan saya dengan tulisan ini bagi pembaca adalah :
1. bila anda seorang muslim yang patuh dan ingin berjihad maka datanglah kesana dan ingatkan penduduk desa disana untuk selalu beribadah agar hati menjadi tenang.
2. Bila anda seorang pengusaha, coba dipelajari di dusun tersebut usaha apa yang pantas dikembangkan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

1 comment:

  1. Didesa sumedang kamulyan, kecamatan kepanjen kidul malang selatan ada makam mbah wongso yang disebut sebagai mbah ompak. Disini ada 2 watu ompak yg berada dimakam mbah wongso.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...