Sunday, August 4, 2013

Lokasi Wisata di Ngawi - Jawa Timur Yang Patut Anda Kunjungi

Infoting.info, Ngawi | Kabupaten Ngawi yang berbatasan langsung dengan Surakarta merupakan pintu gerbang utama jalur ekonomi Jawa Timur Wilayah tengah, Ngawi memiliki beberapa potensi wisata yang patut untuk anda kunjungi, baik itu wisata alam maupun wisata buatan yang di design sedemikian rupa sebagai tempat hiburan yang sangat nyaman untuk keluarga. Untuk tujuan memajukan wisata di Ngawi ke seluruh penjuru dunia melalui internet, berikut ini kami ingin menyampaikan Lokasi Wisata di Ngawi yang patut anda kunjungi bila anda melintas di kabupaten tersebut, ingin berpetualang atau ketika anda sedang mudik. 

Benteng Pendem


Benteng ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Benteng Pendem ini dibangun oleh gubernur van den bosh sekitar tahun 1839 dengan memanfaatkan sungai bengawan solo dengan tujuan untuk mengatasi serangan dan pengaruh kerajaan mataram di Yogyakarta. selain itu benteng ini dulunya juga digunakan oleh ilmuwan belanda sebagai tempat persinggahan.
Pada awalnya Benteng ini tertutup untuk umum karena dijadikan tempat latihan oleh Yon Armed 12, namun pada  akhir tahun 2011 akhirnya benteng pendem ngawi dibuka untuk umum setelah puluhan tahun benteng ini tertutup untuk umum. Hal ini terjadi karena gudang senjata dan tempat latihan mereka telah dipindahkan ke jalan Siliwangi. 

Meskipun telah berusia tua, benteng pendem ngawi masih sangat kokoh. Bangunan ini terdiri dari pintu gerbang utama serta kamar kamar yang digunakan untuk para tentara. Ada sebuah halaman rumput di tengah tengah benteng dan juga ada beberapa tempat yang dulunya digunakan sebagai kandang kuda. Di sekeliling benteng ada gundukan tanah yang memang sengaja dibuat untuk menahan luapan air sungai bengawan solo hal ini pula yang menjadikan benteng ini terkesan terpendam. Parit selebar 5 meter dahulunya juga ada mengelilingi benteng ini, Namun karena sudah lama parit ini sudah tertutup tanah.

Jika anda penasaran dengan benteng ini. Silakan berkunjung ke kota ngawi tepatnya di Kelurahan Pelem. Untuk mencapai Lokawisata Benteng Pendem Ngawi cukup mudah karena letaknya yang berada di pusat kota Ngawi. Semenjak benteng ini dibuka untuk umum menjadi salah satu objek wisata di Kota Ngawi, benteng ini mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pada awalnya masyarakat kurang percaya akan dibukanya benteng yang telah ditutup selama puluhan tahun ini. Sekarang untuk siapa saja boleh masuk dan berkunjung ke benteng ngawi ini. Untuk masuk Benteng Pendem ngawi anda perlu membeli tiket masuk dengan harga yang murah. Semoga setelah dibuka untuk umum Benteng ini bisa di rawat dengan baik dan dikenal luas.

Water Boom Tirto Nirmolo
Water Boom Tirto Nirmolo adalah sebuah obyek wisata pemandian di Kota Ngawi yang berupa kolam renang. Water Boom ini terletak di jalan raya Ngawi - Madiun. Tepatnya di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Karena letaknya dipinggir jalan raya, sehingga memudahkan para pengunjung untuk mencapainya.

Water Boom Tirto Nirmolo tidak hanya menawarkan kolam renang saja, tetapi juga dilengkapi berbagai fasilitas, berikut ini fasilitas-fasilitas yang dapat pengunjung nikmati diantaranya adalah Kolam Renang Seluncur, Kolam Renang Laba-laba, Kolam Air Mancur, Kolam Renang Ember Tumpah, Kolam Renang Dewasa dan Anak-anak, Gedung Film 3D, Boom-boom Boat, Becak Family, Kereta Gantung, Kereta Electrik, Moto ATV, Flyng Fox, Boom-boom Car, Animal Electrik, Bianglala, Panggung Festival dan Rest Parking Area. Untuk fasilitas Water Boom ini bias dibilang sangat lengkap.

Tempat Wisata ini sangat cocok untuk bermain, liburan, bersantai, olah raga atau sekedar mengisi akhir pekan. Anda bisa datang sendiri, dengan mengajak teman, kerabat atau keluarga. Untuk harga tiket masuk cukup relatif murah, hanya dengan Rp 10.000 (sepuluh ribu) pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas ini, akan tetapi ada beberapa fasilitas yang mewajibkan untuk membayar lagi.

Bumi Perkemahan Selondo

Bumi Perkemahan Selondo terletak di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, berjarak 30 Km dari pusat kota Ngawi. Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat Selondo memberikan hawa yang sangat sejuk dan nyaman.

Selondo berasal dari kata selo(jawa) yang mempunyai arti batu dan ondo(jawa) yang mempunyai arti tangga, Selondo berarti tangga batu. Kawasan ini biasa digunakan sebagai Bumi Perkemahan (buper) oleh anak-anak Pecinta Alam maupun Pramuka dan PMR. Pemandangan yang indah berlatar belakang hutan pinus serta kesejukan udara pegunungan mendukung kegiatan adventure dan penjelajahan serta out bond.
Medannya yang naik turun cocok untuk menguji kekuatan fisik para pengikut organisasi kemanusiaan maupun kemasyarakatan. Terdapat pula sebuah sungai yang indah dengan jembatan layang yang membelah sungai tersebut, terdapat pula area rock climbing bagi yang punya nyali dan bernuansa meningkatkan adrenalin.

Karena pemandangannya yang indah seringkali juga digunakan dalam mengisi liburan dan kenangan lulusan sekolah-sekolah di Kabupaten Ngawi dan juga luar wilayah Ngawi. Wisata selondo ini dengan pesona alamnya mampu menarik wisatawan baik dari daerah Ngawi maupun dari luar kota Ngawi.

Kebun Teh Jamus
Salah satu pesona wisata kabupaten Ngawi yang diminati dan dijadikan obyek wisata keluarga dan masa liburan, salah satunya adalah Kebun Teh Jamus. Perkebunan ini terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di desa Girikerto, Kecamatan Sine. Selain tempatnya berhawa sejuk, di lokasi ini juga terdapat beberapa tempat unik dan bersejarah. Lokasinya yang terletak dilerang gunung, mata pengunjung akan dimanjakan oleh indahnya alam sekelilingnya. 

Di lokasi ini juga terdapat sumber mata air yang dinamakan Sumber Lanang, yang menurut masyarakat sekitar dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda. Sebelum memasuki kawasan perkebunan jamus, para pengunjung akan banyak ditemui lahan yang hijau dan pohon-pohon yang besar serta rindang.

Perkebunan Teh Jamus adalah merupakan agrowisata yang berwawasan lingkungan hidup,  sudah dimulai pada sejak tahun 1993. Dan meraih penghargaan tingkat nasional nominasi Kalpataru tahun 2004 kategori Pembina Lingkungan Hidup pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 05 Juni 2004 di Istana Negara Jakarta.

Sebagai daya tarik lainnya, di sekitar obyek wisata ini terdapat beberapa tempat menarik diantaranya Air Terjun Grojogan Songo Tuk Pakel, Makam tua pendiri Kebun Teh Jamus Van Der Rappart asal Belanda, Borobudor Hill yang berupa bukit setinggi 35,4 meter.

Pemandian Hargo Dumilah


Pemandian Hargo Dumilah berada di lereng utara Gunung Lawu, tepatnya di Desa Setono, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi atau kurang lebih 30 Km sebelah selatan kota Ngawi-Jawa Timur. Kerindangan pohon jati yang berjajar ditepi kolam pemandian menambah anggunnya suasana serta suasana berasa lebih asri. Apalagi Pemandian Hargo Dumilah yang berlatar belakang pegunungan dan areal persawahan, semakin menambah suasana yang alami dan dan tentunya memanjakan mata para pengunjung  dengan keindahan.

Untuk tiket masuk Rp. 5000 per orang mandi sepuasnya. Pemandian Hargo Dumilah juga dilengkapi dengan tempat makan berupa lesehan yang terbuat dari bambu. Dengan begitu diharapkan pengunjung tidak hanya menikmati kolam pemandiannya saja, tapi sebagai tempat transit untuk beristirahat sambil menikmati wisata kuliner. Para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam masakan ikan dan juga Bakso. Dan tentunya dengan harga yang cukup bersahabat.

Pemandian Hargo Dumilah buka antara jam 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.  Pemandian yang dibangun sejak Juli 2010 ini merupakan satu-satunya tempat pemandian yang memakai sirkulasi air secara langsung dari sumber mata air dikaki Gunung Lawu tanpa daur ulang. Anda pasti bisa membayangkan betapa segarnya air pemandian Hargo Dumilah ini.
Air Terjun Pengantin
Air Terjun Pengantin adalah sebuah air terjun yang terdapat di Dusun Besek Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dahulunya air terjun ini diberi nama Grojokan Ndukji/Jumog tetapi karena sekarang air terjun ini terbagi menjadi dua air terjun kembar maka diberi nama Air Terjun Pengantin. Seperti tempat-tempat wisata yang lain di kota Ngawi, mungkin wisata air terjun pengantin ini dapat menjadi alternatif tempat wisata alam di daerah Ngawi. 

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Pengantin, dari kebun teh jamus anda lurus sampai di sekolah SDN Hargo 4(kanan jalan). Anda lurus ke timur sampai  dusun Besek desa Hargomulyo, setelah itu silahkan bertanya pada masyarakat sekitar lokasi Air Terjun Pengantin. 

Pemandian Tawun
Tawun adalah sebuah obyek wisata di kota Ngawi Jawa Timur, tepatnya 7 km sebelah timur kota Ngawi. Obyek wisata ini banyak di minati karena tempatnya yang indah, sumber air yang jernih, hutan wisata yang nyaman dan kolam bulus(kura-kura) menjadi daya tarik sendiri dan tentunya cukup dekat dengan kota. Tawun saat ini terdapat empat wisata pilihan yang dikemas dalam satu lokasi. Antara lain danau buatan lengkap dengan persewaan perahu dayungnya, kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak, selain itu tempat mainan bagi anak-anak, panggung hiburan, hotel dengan tarif murah dan tentunya warung makanan dan minuman. Semua obyek wisata tersebut diperuntukkan bagi wisatawan lokal.

Tawun lebih banyak dikenal sebagai wisata tempat pemandian. Tetapi, sebenarnya Tawun lebih menyajikan keindahan alamnya. Tumbuhan yang masih alami dan air sumber yang muncul disela akar pohon besar menambah daya tarik bagi wisatawan.
Disamping letaknya yang strategis tawun juga telah dikenal masyarakat Ngawi karena pusatnya acara adat "keduk beji". Dalam ritual ini, para pemuda desa terjun ke kolam untuk mengeluarkan kotoran dari dalam sumber mata air yang bernama "beji". Inti dari ritual ini terletak pada penyimpanan kendi dipusat sumber air beji. Ritual ini diakhiri dengan makan bersama gunungan lanang(laki-laki) dan gunungan wadon(perempuan) yang telah disediakan bagi warga, yang menurut meraka untuk meraih berkah dan keberuntungan.  

Air Terjun Srambang
Air Terjun Srambang adalah sebuah obyek wisata di Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Lokasi di kaki gunung Lawu, Kecamatan Jogorogo, sekitar 5 km ke selatan dari pasar Jogorogo. Ketinggian air terjun ini hampir mencapai 25 m. Air Terjun Srambang merupakan obyek wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Suasana pegunungan yang sejuk dan dingin membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Jalan menuju lokasi Air Terjun Srambang sudah diaspal sehingga mempermudah perjalanan bagi para pengunjung. Lokasi air terjun srambang berdekatan dengan pondok pesantren Condro Mowo. Pengunjung bisa menggunakan angkutan umum atau membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Namun jika anda membawa mobil, anda harus berjalan kaki sekitar 500 m untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Waduk Pondok

Tempat Wisata ini terletak di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Jalan masuk menuju lokasi dapat ditempuh lewat perempatan Pasar desa Kedungprahu Kecamatan Padas lurus ke utara. Dapat juga ditempuh lewat perempatan Pasar Samben Kecamatan Karangjati ke utara-Pasar/Lapangan Desa Krompol-perempatan lapangan/kantor desa Dero ke utara lurus. Lokasi Waduk Pondok juga berdekatan dengan Waduk Sangingan desa Sumberbening, masih dalam wilayah Kecamatan Bringin Ngawi.

Sedangkan fasilitas penunjang yang ada :
- Wisata Air Lengkap dengan perahu motornya
- Arena Pemancingan
- Balai Wisata
- Gardu Pandang
- Warung makan dan minum
- Arena Motor Cross

Pesanggrahan Srigati

Lokasi Pesanggrahan Srigati terletak 12 Km arah barat daya kota Ngawi, tepatnya di Desa Babadan Kecamatan Paron, Ngawi Jawa Timur. Karena lokasinya yang strategis memudahkan pengunjung untuk mengunjunginya dengan berbagai alat transportasi/kendaraan bermotor. Pesanggrahan Srigati merupakan obyek wisata spiritual yang menurut masyarakat jawa merupakan salah satu dari alas(hutan) angker atau wingit. Menurut penduduk setempat adalah pusat keraton lelembut/makhluk halus. Di lokasi ini juga terdapat petilasan Raja Brawijaya.

Pada hari-hari tertentu seperti hari Jum’at Pon dan Jum’at Legi pada bulan Syuro, Pesanggrahan Srigati banyak dikunjungi oleh para peziarah untuk menyaksikan upacara ritual tahunan yaitu Ganti Langse sekaligus melaksanakan tirakatan/semedi untuk ngalap berkah.

---------------------------------------------------------
Itulah beberapa Lokasi Wisata di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang patut anda kunjungi bila anda liburan lebaran idul fitri 2013 ini, dari kutipan kami di ngawipunyawisata.blogspot.com. Kunjungan anda dinantikan untuk memajukan dan lebih memperkenalkan Tempat Wisata tersebut ke dunia luar. Jangan malu menjadi warga Ngawi, karena Ngawi juga memiliki Potensi, Jangan juga menyalahkan orang lain atas keterpurukan daerah kita, jika mampu bangkit dan tunjukkan kreatifitasmu. Selalu lakukan yang terbaik hari ini, untuk kebaikan hari esok. 


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Terkait Artikel ini...